Tanpa Perjanjian Tertulis, Pia Fellini Izinkan Semua Karyanya Semasa di Utopia Dibawakan Eks Bandnya

Indra Kurniawan | 18 Januari 2023 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hubungan Pia Fellini dan grup musik Utopia masih terjalin baik meski sudah 10 tahun mereka tak lagi bersama. Keharmonisan hubungan mereka ditunjukkan dengan tak melarang Utopia membawakan lagu-lagu karya Pia di atas panggung.

Sebelas tahun lamanya Pia menjadi vokalis Utopia. Bersama grup musik asal Bandung itu Pia melahirkan tiga album studio dan satu album soundtrack untuk sinetron Ganteng-Ganteng Serigala yang tayang di SCTV. Selain menjadi vokalis, Pia juga pencipta lagu-lagu Utopia. 

Bertahun-tahun tak lagi menjadi bagian dari Utopia, Pia tidak melarang mantan grup yang membesarkan namanya untuk membawakan karya-karyanya. Tak ada hitam di atas putih. Kerja sama yang terjalin didasari hubungan baik. 

"Lagu-lagu Utopia ciptaanku, aku, sih bebas aja. Utopia mau bawain semua laguku boleh aja. Enggak ada yang enggak boleh dibawain. Dan selama ini mereka manggung masih bawain laguku, aku enggak ada masalah," jelas Pia kepada tabloidbintang via pesan suara WhatsApp, Selasa (17/1).

"Karena dulu udah pernah kami bahas pas aku mau keluar. Aku bilang 'Enggak apa-apa Utopia bawain lagu-laguku' Tapi enggak ada perjanjian hitam di atas putih, sih. Cuma gentleman agreement. Aku sendiri enggak masalah karena biar bagaimanapun lagunya besar sama-sama, ya," lanjutnya. 

Pia Fellini setahun setelah hengkang dari Utopia (seno susanto/tabloidbintang.com)

"Walaupun ciptaan aku, tapi (lagu-lagu itu ada) selagi aku di Utopia. Jadi enggak masalah, mereka dengan vokalis baru mau bawain enggak ada masalah apa-apa," tambah Pia lebih lanjut. 

Pia mengaku masih mendapat royalti atas karya-karyanya. Royalti diterima dari label rekaman Aquarius, publisher, dan juga LMK (Lembaga Manajemen Kolektif). 

"Kalau dari Utopia sendiri enggak, ya, karena menurutku udah cukup, sih. Udah ada dari label, publisher. Jadi band nya enggak perlu juga (kasih royalti), sih. Udah ada rezekinya masing-masing juga sih," ungkap Pia. 

Beberapa lagu Utopia karya Pia yang menjadi hits di antaranya "Antara Ada dan Tiada", "Serpihan Hati", "Hujan", "Benci", dan Baby Doll". Saat ini Utopia diawaki oleh Anna (vokal), Tommy (drum), dan Mplay (gitar).

Formasi terkini Utopia (instagram)
Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan