Pertama Kali dalam 28 Tahun Melly Goeslaw Rilis Lagu Bahasa Sunda

Indra Kurniawan | 26 Juni 2023 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk pertama kalinya Melly Goeslaw merilis lagu berbahasa Sunda. Lagu yang diberi judul "Kalem Aya Urang" diciptakan Melly sebagai dedikasi untuk tanah kelahirannya.

Melly Goeslaw dikenal sebagai pencipta lagu ulung. Sudah lebih dari 600 lagu dia ciptakan sepanjang 28 tahun berkarier di industri musik Tanah Air.

Jumat (23/6), istri dari Anto Hoed ini merilis lagu yang disebutnya tak biasa. Bukan lagu berbahasa Indonesia seperti yang biasa dia buat melainkan lagu berbahasa Sunda. Judulnya "Kalem Aya Urang". 

"Bagi saya itu suatu hal yang luar biasa. Mungkin kalau lirik-lirik berbahasa daerah biasanya dinyanyikan atau diciptakan oleh seniman tradisional. Tapi kan saya dikenalnya sebagai seniman pop. Pasti orang rada aneh kenapa kok Melly jadi nyanyi lagu Sunda?" kata Melly dijumpai di Studio 33 miliknya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, akhir pekan lalu. 

Vokalis grup musik Potret bercerita inspirasi pembuatan "Kalem Aya Urang" berawal saat dia temu kangen dengan teman-teman SD dan SMP di Bandung, Jawa Barat. Beberapa dari mereka mempertanyakan sebagai orang Sunda kenapa Melly tidak pernah bikin lagu bahasa Sunda. 

Melly Goeslaw dijumpai di kediamannya kawasan Bintaro (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

"Aku pikir-pikir iya juga ya, kenapa aku enggak bikin lagu bahasa Sunda. Sementara aku udah punya lebih dari 600 lagu, masa sih aku enggak punya 1 saja lagu bahasa Sunda. Mumpung lagi enggak ada project single, jadi aku isi lah dengan membuat lagu Sunda 'Kalem Aya Urang'. Bahasa Indonesianya Tenang Ada Gue," cerita Melly.

Lagu itu berisi tentang ajakan kepada teman-teman yang lahir dan besar di Tanah Sunda untuk lebih percaya diri. Melly melihat orang-orang Sunda itu kaya akan kreativitas. Dia bahkan menyebut 90 persen musisi Indonesia dari Tanah Sunda. Sebut saja Kahitna, Java Jive, Noah, dan lainnya. 

"Kami juga mempunyai kuliner yang sangat banyak dan menguasai pasar Nusantara. Jadi lagu ini ajakan kepada teman-teman Sunda untuk lebih percaya diri untuk mempromosikan kembali semua kekayaan yang terlahir dari Tanah Sunda. Supaya lebih muncul lagi, lebih tereksplor lagi. Mudah-mudahan bisa menjadi hit di kancah internasional" terangnya.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan