Sambut Hari Lansia Nasional, Lifree Perkenalkan Popok Dewasa Pertama 100% Bahan Breathable

Indra Kurniawan | 31 Mei 2024 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rasio kejadian luka dekubitus di Indonesia lebih tinggi dibanding negara negara lain di ASEAN, yaitu mencapai 33 persen. Hal ini menjadikan luka dekubitus sebagai salah satu isu sosial di Indonesia. 

Mengutip yankes.kemkes.go.id luka dekubitus adalah luka diakibatkan kerusakan struktur anatomis dan fungsi kulit normal akibat dari tekanan eksternal yang berhubungan dengan penonjolan tulang dan tidak sembuh dengan urutan dan waktu biasa.

Dengan jumlah lansia di Indonesia mencapai 11.75 persen dan diprediksi akan terus bertambah mencapai 20 persen dari total penduduk Indonesia di tahun 2045, pencegahan luka dekubitus menjadi salah satu tantangan dalam
pemenuhan perawatan jangka panjang lansia. 

dr. Nida Rohmawati, MPH, Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di hadapan awak media yang hadir di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Rabu (29/5) lalu, menekankan pentingnya peran keluarga dan tenaga kesehatan dalam perawatan lansia terutama yang memerlukan perawatan jangka panjang untuk pencegahan dekubitus.

dr. Rinadewi Astriningrum Sp.D.V.E., Subsp.D.A dari KSDGI menambahkan lansia dengan kondisi tirah baring yang mobilitasnya terbatas memiliki risiko terkena luka dekubitus lebih tinggi karena adanya tekanan pada area tubuh yang sama dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat diperparah jika menggunakan popok dengan sirkulasi udara yang tidak baik.

"Kulit menjadi pengap dan rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, popok yang sirkulasi udaranya baik efektif untuk mencegah terjadinya luka dekubitus," tutur Rinadewi.

Melanjutkan inisiatif di 2023 melalui kolaborasi pertama antara pihak pemerintah, produsen, dan akademisi, kali ini Lifree bertepatan Hari Lansia Nasional yang jatuh pada 29 Mei 2024 meluncurkan popok dewasa pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan 100 persen bahan breathable, yaitu Lifree Popok Perekat.

Dari hasil pengujian internal yang dilakukan, Lifree Popok Perekat terbukti dapat mengurangi kelembapan kulit di area sekitar perut (skin moisture) hingga 25 persen dibanding menggunakan popok perekat biasa berbahan vinyl. Selain itu, kelembapan di dalam popok juga membaik 23 persen dibanding popok perekat biasa. 

Peluncuran popok dewasa pertama dan satu-satunya di Indonesia 100 persen bahan breathable turut dihadiri Takumi Terakawa, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk. (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

Sebelum diluncurkan juga telah dilakukan uji penggunaan terhadap pasien dan perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi, dan Rumah Sakit Atmajaya di Jakarta. Hasilnya, seluruh perawat yang berpartisipasi dalam pengujian sepakat Lifree Popok Perekat memiliki sirkulasi udara bagus, tidak menyebabkan ruam hingga membuat pasien merasa lebih nyaman. 

"Kami juga mendapatkan kesan positif dari keluarga pasien dimana 95% menganggap dengan menggunakan Lifree Popok Perekat kulit menjadi tidak pengap, dan kondisi bagian kulit yang terdapat luka dekubitus membaik," beri tahu Takumi Terakawa, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk.

dr. Rinadewi Astriningrum menambahkan, "Dari hasil tes di beberapa rumah sakit didapatkan hasil yang sangat baik, dan dapat disimpulkan bahwa penanganan pasien menggunakan Lifree Popok Perekat dengan 100% material breathable efektif untuk mencegah luka dekubitus."

Lifree Popok Perekat tersedia dalam ukuran M, L, dan XL, di seluruh minimarket, pasar tradisional, supermarket, apotek, rumah sakit hingga official store Lifree di semua marketplace E-commerce mulai pertengahan Juni mendatang.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan