Donny Alamsyah Jadi Pemandi Jenazah di Film Sengkolo Malam Satu Suro

Ari Kurniawan | 15 Juni 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Donny Alamsyah menemukan banyak tantangan baru di film Sengkolo Malam Satu Suro. Ini merupakan film horor pertama Donny sepanjang kariernya sebagai aktor.

Donny Alamsyah memerankan karakter Ibrahim, seorang pria yang dikenal sebagai pemandi jenazah di desanya. Tak sekadar menjual cerita hantu, menurut Donny, film garapan sutradara Hanny R Saputra ini juga menyuguhkan cerita yang menarik.

"Skripnya sangat bagus dan membangun ketegangan dengan perlahan, tidak hanya jump scare saja," kata Donny Alamsyah, di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Jumat (14/6).

Untuk adegan memandikan jenazah, tak ada masalah bagi Donny Alamsyah. Ternyata, jauh sebelum projek film ini dimulai, ia sudah pernah mempelajari hal tersebut.

"Ayah saya yang sudah almarhum, setahun sebelum meninggal meminta saya belajar memandikan jenazah. Beliau ingin anak-anaknya yang memandikan saat meninggal nanti," ungkapnya.

"Jadi, saya belajar urutannya, tata caranya, dan ternyata memandikan jenazah bukan hal yang mistik atau menyeramkan. Justru itu penghormatan terakhir yang penuh kasih sayang," lanjut bintang film The Raid itu.

Namun, ketika ayahnya meninggal, Donny justru tidak bisa memenuhi wasiat tersebut karena sedang ada aktivitas syuting di luar kota.

"Ayah meninggal pada tahun 2020 ketika saya sedang syuting di Jogja. Ada tetangga, saudara, dan teman yang membantu memandikan. Meski merasa menyesal, saya percaya itu bentuk takdir," paparnya.

Sengkolo Malam Satu Suro berkisah tentang Ibrahim, yang kehilangan keluarganya dalam kejadian mengerikan. Dia lalu berhenti dari pekerjaannya. Ketika keluarga kaya di kampungnya mati misterius, warga percaya itu karena ilmu hitam. Tidak ada pemandi yang mau memandikan mereka, hingga Pak Kades meminta bantuan Ibrahim.

Meskipun enggan, Ibrahim akhirnya setuju. Setelah setahun, dia menemukan petunjuk tentang kematian keluarganya dan menghadapi kejahatan yang menunggunya di rumah terkutuk itu.

Sengkolo Malam Satu Suro dibintangi Donny Alamsyah, Fauzan Nasrul, Anantya Kirana, Kenya Nindia, Nesia Weroza Puspa, Dasha March, Rahmet Ababil dan Dayinta Melira. Film produksi MVP Pictures ini bakal tayang di bioskop mulai 20 Juni 2024.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan