Penyebab Penonton Dilan 1983 Wo Ai Ni Tidak Seramai Trilogi Sebelumnya

Indra Kurniawan | 23 Juni 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penonton film Dilan 1983 Wo Ai Ni tidak seramai trilogi Dilan sebelumnya. Tayang perdana Kamis (13/6), film produksi Falcon Pictures ini tertatih-tatih menuju 200 ribu penonton.

Hingga saat ini film besutan sutradara Fajar Bustomi dan Pidi Baiq baru menyerap 176.456 penonton. Terpaut sangat jauh dari film Ipar Adalah Maut yang juga rilis pada 13 Juni 2024.

Tak ayal hal ini berdampak pada jatah layar dan showtime yang diberikan. Jika di hari pertama mendapat 1.827 showtime, di hari ke-11, Minggu (23/6) ini, tersisa 142 showtime.

Di Jakarta saja, terpantau di TIX ID, Dilan 1983 diputar di 6 layar dengan 7 kali showtime. Sementara di Bogor 3 layar dan Bekasi 2 layar. Apa penyebab Dilan 1983 sepi peminat?

Penonton bisa jadi sudah jenuh dengan film Dilan Universe. Sebelum Dilan 1983, perolehan penonton film Ancika: Dia Yang Bersamaku juga sangat jauh dari trilogi Dilan sebelumnya.  

Menurut pengamat film Yan Widjaya, sedikitnya penonton Dilan 1983 disebabkan oleh tidak berminatnya fans Dilan untuk menyaksikan kisah Dilan semasa SD.

Film Dilan 1983 tidak seramai trilogi Dilan sebelumnya. (Dok.falcon)

"Fans Dilan adalah remaja SMA ke atas. Mereka tak berminat menonton Dilan SD walau digarap cukup baik. Anak kecil dicegah menonton oleh orang tuanya yang khawatir ada adegan cinta monyet," jelas Yan Widjaya.

Ya, Dilan 1983 memang berfokus pada masa SD Dilan, diperankan Muhammad Adhiyat, selepas kembali ke Bandung, Jawa Barat, usai mengikuti ayahnya bertugas di Timor Timur (kini Timor Leste). 

Di film ini tak ada cerita cinta-cintaan yang selama ini menjadi daya tarik film Dilan-Dilan sebelumnya. Cerita Dilan dengan kawan barunya, Mei Lien (Malea Emma) dibiarkan mengalir natural Tan ditambahi bumbu-bumbu romansa layaknya cinta monyet anak SD.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan