Gokil! Katalog Musik Queen Terjual Rp 20 Triliun

Indra Kurniawan | 25 Juni 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Katalog musik Queen akhirnya dibeli oleh Sony Music dengan harga fantastis.

Queen merupakan grup band rock yang digawangi oleh Freddie Mercury, Brian May, Roger Taylor, dan John Deacon. Lagu-lagu hit mereka seperti "Bohemian Rhapsody", "Somebody to Love", "We Will Rock You", "We Are The Champion", dan banyak lagi, sampai saat ini masih melekat kuat di ingatan dan hati jutaan penggemar mereka di seluruh dunia.

Kini, katalog band yang berdiri pada tahun 1970 itu dibeli oleh Sony Music dengan harga yang sangat mahal, seperti dilansir Variety. Laporan HITS Daily, Sony Music mengakuisisi katalog musik Queen dengan harga £1 miliar atau sekira Rp 20,7 triliun.  

Kebenaran kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh dua sumber Variety lainnya. Kesepakatan ini akan mengawasi hak cipta, moneter, dan bagian kontraknya.

Namun, kesepakatan itu tidak termasuk pendapatan dari pertunjukan live karena anggota pendiri band tersisa, Brian May dan Roger Taylor, masih tampil bersama Adam Lambert.

Laporan mengenai kesepakatan ini muncul tepat setelah Sony Music membeli 50 persen saham katalog Michael Jackson seharga $ 600 juta atau Rp 9,8 triliun. Mereka juga membayar sejumlah besar uang di sana. 

Namun menurut Variety, ada pihak lain yang ingin ikut membeli katalog tersebut. Namun mereka gagal setelah menawarnya sebesar $ 900 juta atau Rp 14,7 triliun.

Ada peluang bagi Sony untuk mengambil alih jika ada pembukaan musik jukebox di London dan Broadway, bersamaan dengan tur. Tidak hanya itu, kesepakatan tersebut mungkin juga mencakup pendapatan yang berasal dari katalog rekaman master Amerika Utara.

Menurut HITS, Disney telah memiliki katalog tersebut sejak tahun 1990an dengan kesepakatan senilai $10 juta. Setelah perjanjian lisensi Universal Music Group berakhir pada tahun 2027, pendapatannya juga akan masuk ke Sony Music.

Pihak Sony Music sendiri sampai saat ini belum berkomentar apa pun tentang perolehan katalog musik Queen.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan