Noni Dju Tuangkan Emosi Keseharian di Jakarta Lewat Ingar Bingar

Indra Kurniawan | 9 Juli 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Komposer muda dan orkestrator pendatang baru, Noni Dju meluncurkan video musik untuk karya orkestra kontemporer berjudul “Ingar Bingar.” Video musik ini resmi dirilis pada Minggu (7/7) di saluran YouTube Noni Dju.

Karya ini mencerminkan emosi kehidupan sehari hari para pejuang mimpi di Jakarta, yang penuh semangat dan harapan untuk berhasil, namun selalu dihantui rasa takut akan kegagalan.

"Inspirasi untuk menulis karya ini muncul saat saya menjalani tugas akhir membuat komposisi orkestral dari Berklee, bersamaan proses kuliah semester 6 yang penuh magang dan penelitian di lapangan," ungkap Noni dalam peluncuran video musik "Ingar Bingar" di Jakarta. 

Menurut pelantun "Bukan Milikmu" dan "Goodbye" proses menulis karya ini menjadi semacam “pelarian”, tempat di mana dirinya menuangkan gambaran perasaan selama menjalani keseharian saat semester 6 di Jakarta. Dari pagi hingga malam, dari hiruk pikuk jam sibuk hingga perjuangan mempertahankan nilai, baik di uni maupun di Berklee. 

"Semua ini tercermin dalam 'Ingar Bingar', sebuah cerminan emosi keseharian saya tahun lalu saat menjalani semester 6, mulai dari bangun tidur hingga malam hari yang biasanya penuh dengan emosi campur aduk," kisahnya.

Video musik debut Noni Dju rilis di tanggal cantik. (Instagram/Noni Dju)

Alumni proyek Diatas Rata Rata oleh Erwin Gutawa dan Gita Gutawa generasi pertama ini telah menunjukkan bakatnya dalam bidang musik sejak usia muda. Dengan bekal pendidikan dari Berklee dan pengalamannya di dunia musik, dia membawa angin segar dalam dunia musik Indonesia melalui proyek orkestra kontemporernya, Simfoni Kilas.

Terinspirasi dari kata sekilas, proyek ini berusaha menghadirkan intensitas dan kedalaman musik orkestral dalam waktu singkat, mirip dengan durasi musik populer pada umumnya di era sekarang. Pendengar dapat merasakan kekayaan emosi dan gaya dari periode Romantik dan Modern dalam waktu yang lebih singkat.

“Dengan video musik ‘Ingar Bingar’, saya ingin menangkap esensi kehidupan Jakarta yang sering kali ramai dan padat, juga kenyamanan yang selalu dihantui rasa takut akan kegagalan,” jelasnya. 

“Melalui kolaborasi antara visual dan orkestrasi ini, saya berharap penonton dapat merasakan keingarbingaran sekaligus keindahan dari komposisi 'Ingar Bingar'." tambahnya.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan