Apresiasi Insan Komedian Tanah Air, RCTI Hadirkan Anugerah Komedi Indonesia 

Ari Kurniawan | 28 Agustus 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - RCTI memperkenalkan Anugerah Komedi Indonesia (Anukom) sebagai ajang penghargaan untuk para komedian Indonesia. Acara yang merupakan hasil kerjasama antara RCTI dan Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) ini akan disiarkan langsung dari Studio RCTI+, Jakarta, pada 26 September 2024, pukul 21.30 WIB.

"Sesuai komitmen, RCTI akan selalu berusaha hadir dan turut serta dalam ajang-ajang penghargaan sebagai bentuk apresiasi, terutama bagi pelaku hiburan Tanah Air, seperti halnya Anugerah Komedi Indonesia. Semoga Anugerah Komedi Indonesia tahun ini berlangsung sukses," ujar Dini Putri, Programming & Acquisition Director RCTI.

Anukom ke-4 2024 akan menampilkan berbagai kategori nominasi yang dibagi menjadi dua kategori utama, yakni Kategori Terfavorit dan Kategori Terpilih. Pemenang dalam Kategori Terfavorit akan ditentukan melalui voting di aplikasi RCTI+, yang dibuka dari 27 Agustus hingga 25 September 2024 pukul 23.59 WIB. Sedangkan pemenang di Kategori Terpilih akan ditentukan oleh dewan juri Anukom.

Kategori penghargaan dalam Kategori Terfavorit mencakup Seniman Komedi Pria Terfavorit, Seniman Komedi Wanita Terfavorit, Komika Terfavorit, serta Seniman Komedi Sedang Naik Daun Terfavorit. Sementara itu, kategori dalam Kategori Terpilih meliputi Seniman Komedi Pria Terpilih, Seniman Komedi Wanita Terpilih, Komika Terpilih, Seniman Komedi Sedang Naik Daun Terpilih, Penghargaan Khusus Film Komedi Dengan Penonton Terbanyak, Seniman Komedi Legenda PaSKI Terpilih, Seniman Komedi Pengabdian Seumur Hidup Terpilih, dan Seniman Komedi Tradisional PaSKI Terpilih.

"Pastinya kami (PaSKI) merasa bangga dan senang dapat bekerjasama dengan RCTI dalam perhelatan Anugerah Komedi Indonesia yang ke-4 kalinya. Sudah sepantasnya PaSKI selaku organisasi yang mewadahi seluruh komedian Indonesia menggelar ajang penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada para komedian Tanah Air yang telah menghibur masyarakat dengan guyonan-guyonan berkualitas," kata Jarwo Kwat, Ketua Umum PaSKI.

Dewan Juri Anukom ke-4 tahun 2024 terdiri dari Aditia Saputra (jurnalis), Denny Chandra (komedian), Seno Gumira Aji Darma (penulis dan ilmuwan sastra), Kang Maman (penulis), dan Tiurma Imelda Sinaga (perwakilan RCTI). 

Malam puncak Anukom ke-4 tahun 2024 akan diselenggarakan dengan meriah dan menghibur, sekaligus menjadi ajang berkumpulnya para komedian lintas generasi dari berbagai genre, termasuk Ate, Abdel Achrian, Dicky Difie, Kimau, Boiyen, Inyonk, Ummi Quary, Mamat Alkatiri, Abdur Arsyad, Arie Kriting, Deddy Mizwar, Pelukis Daun, Parto Patrio, Sule, Azis Gagap, Jarwo Kwat, Komeng, Adul, Cak Lontong, Cak Akbar, Denny Chandra, Indro Warkop, dan Homeband Tabuhan Nusantara Orkestra. Acara ini akan dipandu oleh Rina Nose dan Praz Teguh.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan