Jakarta World Cinema 2024 Sukses Menarik Perhatian 14 Ribu Penonton

Ari Kurniawan | 30 September 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perhelatan Jakarta World Cinema (JWC) 2024 yang berlangsung dari 21 hingga 28 September 2024 resmi ditutup pada Sabtu, 28 September. Acara yang digelar di Mal Grand Indonesia, Jakarta, ini menghadirkan 120 film dari 61 negara dengan beragam genre, dan berhasil menarik perhatian sekitar 14 ribu penonton, baik secara offline maupun online melalui platform KlikFilm.

"Jumlah pengunjung JWC tahun ini meningkat dua kali lipat lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu jumlah pengunjung offline sekitar 4 ribu, tahun ini mencapai 9 ribu," ujar Festival Director JWC 2024, Shandy Gasella.

Peningkatan juga terlihat di platform KlikFilm, di mana penonton meningkat dari 4 ribu tahun lalu menjadi sekitar 5 ribu tahun ini.

Sebagai film penutup, JWC 2024 menampilkan Bird karya sutradara Andrea Arnold. Selain pemutaran film, festival ini juga menyelenggarakan kompetisi di beberapa kategori. Salah satunya, penghargaan untuk kategori First Feature Competition yang jatuh kepada film Girls Will be Girls karya Shuchi Talati.

Keputusan dewan juri yang terdiri dari Lola Amaria, Makbul Mubarak, dan Yosep Anggi Noen menetapkan Girls Will be Girls sebagai pemenang didasari oleh beberapa pertimbangan. Lola Amaria menjelaskan, "Film ini sangat tidak terduga, hubungan antar tokohnya sangat misterius, meski mengambil genre yang sudah familiar."

Ia menambahkan, "Sulit untuk menentukan satu elemen dalam film ini karena semua elemennya menyatu dengan begitu organik dan membuat kita tanpa sadar terhanyut jauh."

Dengan penutupan yang sukses, JWC 2024 tidak hanya menciptakan pengalaman sinematik yang berkesan, tetapi juga menunjukkan bahwa antusiasme terhadap film internasional di Indonesia semakin meningkat. Harapan untuk festival ini selanjutnya adalah terus berkembang dan menjadi ajang yang lebih besar di tahun-tahun mendatang.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan