Usai Vakum Cukup Lama, SVMLL Comeback Lewat Lagu Penyelesai Masalah

Ari Kurniawan | 9 Oktober 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah vakum cukup lama, penyanyi asal Lampung, SMVLL, atau akrab disapa Deka, kembali menyapa menikmat musik Indonesia dengan single terbarunya berjudul “Sebat Aja Dulu”. Sejak memulai karirnya pada tahun 2016, Deka telah membawa nuansa reggae ke dalam musik Indonesia dan kini meluncurkan karya baru setelah lebih dari setahun beristirahat.

Bergabung dengan Indo Semar Records pada tahun 2019, SMVLL telah merilis 6 EP dengan total 30 lagu di kanal YouTube-nya, serta 5 single di kanal YouTube Indo Semar Sakti. Sebagian besar lagu-lagunya ditulis sendiri, dengan sedikit bantuan dari musisi lainnya.

“Ini menjadi lagu pertama gua setelah beberapa saat berhenti sejenak, sekaligus lagu pertama di album mini gua nanti. Lagu ini kubuat untuk gua pribadi dan kalian yang mungkin juga mempunyai masalah yang sedang kalian hadapi," ujar Deka, dalam keterangannya kepada wartawan. 

Melalui lagu ini, SMVLL mengajak pendengar untuk menghadapi masalah dengan tenang. Ia menyarankan agar kita tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, melainkan merenungkan segala sesuatu dengan lebih santai, sambil menikmati sebatang rokok. “Setiap gua pulang ke Lampung, selama di jalan gua sering melihat banyak orang dan gua suka sedih liatnya, tapi gua salut karena mereka tetap enjoy aja, tetap sebat, dan gua salut kok bisa tetap kuat,” tambahnya.

Lagu “Sebat Aja Dulu” terinspirasi oleh pengalaman Deka sebagai seorang suami dan ayah yang menjalani hubungan jarak jauh (LDR) dengan istrinya. Ia harus pulang ke Lampung setiap bulan untuk bertemu dengan keluarga. Dalam perjalanan tersebut, Deka menyaksikan banyak orang berjuang demi mencari nafkah, dan hal ini menyentuh hatinya.

“Lagu ini ya seperti diri gua sendiri, seorang bapak dan kepala rumah tangga yang harus mencari nafkah,” ujarnya. Ia mengingatkan bahwa setiap orang memiliki masalah dengan bentuk dan takaran yang berbeda, dan penting untuk tetap menjalani proses hidup dengan penuh harapan.

Proses pembuatan lagu ini melibatkan beberapa musisi berbakat, termasuk Deka Algazmi, Pramudito, Jay Sasiang, dan Adam Zeins sebagai produser musik. Backing vocals diisi oleh Vannobe, Immanuel Ragil, Dior Nalaoturi, Rahardian Aryo, Muhammad Hafid, Tiara Jasmine, dan Alvioneta. Video musiknya juga dibuat dengan kreativitas tim dari Indo Semar Records.

“Sebat Aja Dulu” dijadwalkan rilis di berbagai platform musik pada bulan Oktober 2024. Deka berharap lagu ini bisa menjadi pengingat bagi para pendengarnya, terutama mereka yang tengah berjuang. “Semoga lagu gua tetap bisa mengingatkan kita semua dan menjadi langkah baru buat lagu-lagu gua selanjutnya,” tutupnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Supriyanto