Hari Jadi yang Ke-5, KaryaKarsa Luncurkan Sinemini Love in a Falling Way

Ari Kurniawan | 18 Oktober 2024 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Masih di momen bulan bahasa dan sastra yang berlangsung selama bulan Oktober, pada 15 Oktober lalu KaryaKarsa telah memasuki tahun kelima eksistensinya sebagai rumah bagi para storyteller untuk berkarya dan berdaya. Di momen spesial ini, KaryaKarsa merilis karya terbaru dalam bentuk Sinemini. 

Sinemini merupakan istilah baru dalam dunia hiburan. Berasal dari gabungan kata "sinema" dan "mini", Sinemini menyajikan bentuk hiburan audio visual baru dalam format vertikal yang bisa dinikmati secara ketengan.

"Sinemini merupakan jawaban bagi mereka yang membutuhkan hiburan dengan harga terjangkau, kapan saja dan di mana saja. Apalagi sekarang orang sudah terbiasa mengonsumsi konten dengan format vertikal seperti ini," ujar Pribadi yang akrab dipanggil Pipu.

Sebagai rilisan perdana Sinemini pertama ini mengambil judul "Love in a Falling Way" yang diadaptasi dari cerita "Divorced with Benefits" karya Citra Novy. "Cerita ini dipilih karena selain meraih banyak dukungan di KaryaKarsa, ceritanya sendiri sangat dekat dengan keseharian kita. Jadi orang pasti akan relate dan ikutan emosi," lanjut Pipu.

Sinemini ini akan ditawarkan dalam 30 episode dengan 5 episode awal bisa dinikmati gratis dalam berbagai kanal media sosial, aplikasi serta web KaryaKarsa sendiri di sinemini.com. "Untuk 25 episode berikutnya akan berbayar dan dirilis tiap minggu agar bikin penasaran. Tapi selain ketengan, tetap ada pilihan untuk bayar sekaligus supaya bisa langsung menonton semua episode di tiap minggunya. Jadi penonton tetap punya pilihan," kata Pipu.

Tahun ini, KaryaKarsa fokus menjalin kerjasama, baik dengan komunitas maupun dengan pihak-pihak lain yang tentu saja tujuannya untuk terus memberdayakan kreator, salah satunya melalui kompetisi. Pada akhir Agustus 2024, KaryaKarsa membuat kompetisi cerita pendek dengan menggandeng Rakata by Mizan sebagai pihak yang akan menilai hasil kompetisi dan akan mengolahnya menjadi e-book atau buku yang diterbitkan massal.

Selama lima tahun mendukung perjalanan berkarya para storyteller, KaryaKarsa berhasil memperoleh berbagai pencapaian yang signifikan. Semenjak dimulai sebagai eksperimen dengan 100 kreator di tahun 2019, kini KaryaKarsa menaungi lebih dari 300 ribu kreator dan 3 juta user, dengan lebih dari 15 juta transaksi, baik via web, maupun aplikasi Android dan ios.

Untuk ke depannya, KaryaKarsa berencana untuk terus menambah judul Sinemini, mengembangkan manfaat IP management untuk menjangkau lebih banyak kreator, melengkapi fitur yang dapat memberikan kemudahan baik bagi kreator maupun pengguna, dan melihat potensi yang lebih luas ke daerah-daerah lain di Asia Tenggara

"Momen ulang tahun KaryaKarsa yang kelima merupakan wujud syukur perjalanan kami yang membuahkan harapan baru agar memperkuat posisi KaryaKarsa sebagai rumah bagi para storyteller dalam industri Fast Moving Consumer Media melalui pengembangan dan inovasi berikutnya," pungkas Pipu.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan