Perankan Pengidap Sindrom Asperger, Jefri Nichol Dapat Bantuan Psikolog

Ari Kurniawan | 18 Oktober 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jefri Nichol menemukan tantangan baru di film "Aku Jati, Aku Asperger". Di film ini Jefri memerankan karakter Jati, adik dari Daru (Dikta Wicaksono) yang mengalami sindrom asperger.

Jefri Nichol mengaku sangat terbantu oleh skenario yang sudah sangat matang. Ditambah pelatihan akting yang didapat selama sesi reading, ia tak menemukan kendala berarti selama proses syuting. 

"Aku pure dari skripnya, jadi skripnya udah sebagus itu dan ngebantu aku banget," ujar Jefri Nichol, saat jumpa pers di CXI Plaza Indonesia, Kamis (17/10).

Saat proses reading, Jefri dan pemain lainnya didampingi oleh dokter yang biasa menangani asperger. Hal itu tentu sangat membantu Jefri untuk mendalami peran sebagai Jati.

"Kita ada ngobrol-ngobrol sama dokter juga. Ada psikolog juga (untuk mengetahui) gimana orang-orang Asperger," ucap Jefri Nichol.

"(Aku riset) gimana mereka berinteraksi sama orang, gimana mereka ngelakuin kesehariannya dari riset itu, dan digabungin sama mas Fajar (sutradara) juga pastinya dan dijaga sama mas Fajar selama syuting," lanjut Jefri.

Jefri Nichol berharap melalui film yang dibintanginya ini stigma tentang asperger terpatahkan.

"Tadinya aku nggak punya gambaran bagaimana orang-orang asperger menjalani kesehariannya. Tapi setelah ada skrip ini, aku jadi kelihatan jelas gitu. Kayak matahin stigma aku, stigma orang-orang lain yang kayak misalnya orang asperger ini tidak bisa di keadaan sosial, ternyata bisa," tutur Jefri Nichol.

Film Aku Jati, Aku Asperger mengangkat kisah inspiratif tentang Jati seorang remaja dengan sindrom Asperger. la berjuang untuk menemukan jati dirinya di tengah berbagai tantangan sosial. Meski tidak mudah, Jati tetap menunjukkan dirinya dan menemukan identitasnya yang sebenarnya.

Film ini tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 31 Oktober 2024.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan