"Dunia Terbalik", Sentilan Halus Untuk Para Suami Yang Tidak Bekerja

Yohanes Adi Pamungkas | 4 Februari 2017 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sinetron Dunia Terbalik (DT) sukses menggoyahkan sinetron-sinetron mapan seperti Anak Jalanan, Anugerah Cinta, hingga Tukang Bubur Naik Haji The Series. Padahal belum genap satu bulan DT mengudara di layar kaca. Dari mana inspirasi sinetron ini berasal?

DT, yang tayang di RCTI dan diproduksi oleh MNC Pictures, mengisahkan kehidupan sejumlah bapak di Desa Cikadu. Ada Akum (Agus Kuncoro), Aceng (Sutan Simatupang), Dadang (Indra Birowo), dan Idoy (Benk Benk). Lantaran istri mereka menjadi TKW di luar negeri, keempatnya harus menjalankan fungsi sebagai ibu. Mereka yang mengurus rumah dan juga mendidik anak. 

Bintang berbincang Iip Sariful Hanan, sutradara DT, di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Menurut Iip, DT terinspirasi dari sejumlah daerah di Jawa Barat yang kaum perempuannya banyak berprofesi sebagai TKW, sementara para lelaki mengurus rumah.

“Sebenarnya tidak hanya di daerah itu saja, banyak juga suami-suami di kota besar yang beralih profesi menjadi bapak rumah tangga karena ditinggal istri bekerja,” bilang Iip lantang.

Lewat DT, ada sebuah pesan yang ingin disampaikan Iip. “Di mana-mana tugas mencari nafkah itu harusnya diemban suami, bukan istri. Sinetron ini menyindir secara halus para pria yang tidak bekerja dan malah mengandalkan istrinya,” urai sutradara berambut panjang ini. 

Ketika mencari aktor untuk memerankan keempat pria tersebut, Iip sangat berhati-hati. Ia tidak ingin sembarangan memilih.

“Peran Akum, Aceng, Dadang, dan Idoy harus dimainkan aktor multitalenta, bukan bintang sinetron yang sedang naik daun. Saya tidak melakukan kasting, saya langsung meminta jadwal syuting kepada Agus, Indra, Sutan, dan Benk Benk ,” jelasnya.

Bintang juga berbincang dengan Agus Kuncoro. Menurut dia, memerankan karakter Akum yang pandai memasak dan mengurus anak bukanlah hal gampang.

“Pasalnya sehari-hari saya tidak boleh masuk ke dapur oleh istri saya. Dia juga melarang saya membersihkan rumah. Sementara di sinetron DT saya harus melakukan itu semua,” imbuh aktor berusia 44 tahun ini.

 

(han/gur)

 

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor : Yohanes Adi Pamungkas