Kolaborasi dengan Pijak Bumi, Le Minerale Terus Berkomitmen Jalankan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional

Binsar Hutapea | 11 Oktober 2023 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak meluncurkan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional tahun 2021, Le Minerale berkomitmen untuk menggerakkan usaha daur ulang sebagai bagian dari upaya pengurangan sampah nasional. Kali ini, Le Minerale bekerja sama dengan Pijakbumi, sebuah brand sepatu lokal dan ramah lingkungan, untuk mengenalkan konsep transformasi botol PET bekas menjadi produk fashion yang berkelanjutan. Kampanye edukasi ini dipamerkan di Brightspot Market 2023 yang kembali hadir di Plaza Senayan, Jakarta pada 28 September – 1 Oktober dan 6 – 8 Oktober 2023.

Kolaborasi ini mencerminkan visi bersama untuk menjawab isu lingkungan di Indonesia, dengan kampanye #JadiBaruLagi yang mengedukasi masyarakat, terutama generasi muda, tentang pentingnya mengurangi sampah plastik, memilah sampah, dan mengolahnya menjadi produk yang kreatif dan ramah lingkungan. Kampanye ini juga mendukung ekonomi sirkular.

"Kami melihat kesempatan untuk mengolah plastik hasil daur ulang ini lebih lanjut menjadi barang baru dengan nilai fungsi dan jual yang tak kalah baik. Untuk itu, kami secara aktif menggandeng mitra yang tepat, seperti Pijakbumi, untuk menghasilkan karya-karya kreatif, fungsional, dan sekaligus ramah lingkungan sebagai bentuk usaha upcycling, yang tentunya menguatkan peran kami dalam siklus pengelolaan sampah secara keseluruhan guna berkontribusi pada ekonomi sirkular,” ujar Irene Atmadja, Sustainability Manager Le Minerale.

Pijakbumi, yang fokus pada sepatu ramah lingkungan, berbagi semangat yang sama. Mereka percaya bahwa penggunaan bahan daur ulang dalam mode sehari-hari dapat menghasilkan produk yang fungsional dan estetik. Kolaborasi ini adalah awal dari kemitraan yang lebih luas.

Di dalam booth aktivasi mereka di Brightspot Market, pengunjung dapat berpartisipasi dalam workshop dan melihat ilustrasi karya Kevinswork yang menggabungkan Le Minerale dan Pijakbumi. Selain itu, mereka berencana meluncurkan sepatu terbuat dari bahan PET daur ulang yang dihiasi dengan ilustrasi Kevinswork.

Le Minerale sebelumnya telah berkolaborasi dengan brand lokal lainnya, seperti Cosmonauts dan Aerostreet, untuk mengadopsi bahan daur ulang dalam produk fashion mereka. Mereka berkomitmen untuk terus memberikan edukasi tentang nilai sampah plastik PET dalam daur ulang.

Selain melalui kolaborasi dengan brand, Le Minerale juga berkerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan mitra lainnya dalam pengumpulan dan pengelolaan sampah.

“Kami sangat senang untuk melaporkan bahwa berkat kerjasama yang terjalin dengan banyak pihak, selama tahun 2022, peningkatan atau growth collection yang berhasil didapatkan oleh GESN sebesar 101% dibandingkan dari tahun 2021. Sementara itu, hingga tahun 2023 ini, GESN berhasil meraih setidaknya 859 ton collection tiap bulannya. Kami menargetkan agar hasil collection atau pengumpulan terus meningkat setiap tahunnya untuk diolah lebih lanjut. Di saat yang sama, kami akan terus berupaya untuk mengajak lebih banyak brand dalam rangka kerjasama untuk menghasilkan produk-produk yang lebih ramah lingkukan menggunakan hasil collection PET,” ujar Tania W. Ariningtyas, Sustainability Manager Le Minerale.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Binsar Hutapea