Jelang Grand Final, Ritassya Wellgreat Tampil Memukau Lewat Karya Rinaldy Yunardi

Indra Kurniawan | 22 Oktober 2023 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemegang gelar Miss Grand Indonesia 2023 Ritassya Wellgreat menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss Grand International 2023 yang digelar di Ho Chin Minh, Vietnam. Gadis Palembang ini tampil memukau di setiap sesi penilaian, termasuk saat National Costume Competition pada Jumat (20/10) di Phú Thọ Indoor Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam. 

Pada malam kompetisi National Costume, Ritassya nampak paling bersinar di antara 68 perserta lainnya. Gadis 22 tahun ini mengenakan Kostum Nasional bertema “The Goddess Of The Sun”. Founder Yayasan Dunia Mega Bintang yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia, Ivan Gunawan, mengatakan kostum itu terinspirasi oleh Dewi Matahari.

“Kita hidup di Indonesia yang diberkahi dengan kehangatan sinar matahari yang memiliki banyak manfaat. Dari sinilah muncul ide untuk membuat mahakarya budaya yang memesona sekaligus mengangkat tema mitologi Indonesia tentang Dewi Matahari," ujar Ivan Gunawan dalam keterangannya. 

Ivan berharap, kostum rancangan desainer aksesoris ternama dunia, Rinaldy Yunardi itu bisa membuat Ritassya bersinar dan memberikan kehangatan seperti Matahari di ajang Miss Grand International. Terlebih kostum nasional ini persembahaan untuk Indonesia yang menampilkan kekayaan sejarah, keindahan alam, dan kehangatan sinar matahari yang abadi sehingga menjadikannya sebagai sebuah mahakarya sejati di pentas dunia. 

Ivan mengungkap setiap detail dari kostum itu dirancang sebagai karya seni yang penuh makna. Korsetnya bertatahkan pelat emas menyala yang mencerminkan energi matahari yang membara. Sedangkan alur gaunnya yang mengalir bagaikan sungai emas. Untuk aksesori kostum dan kepala, ditambahkan filigree dan kembang goyang khas Indonesia. 

”Kita semua mengenal Rinaldy Yunardi, seorang desainer aksesoris yang karyanya sudah mendunia dan dipakai oleh selebriti di dunia. Kali ini di tangannya lahir sebuah mahakarya yang dipersembahkan khusus untuk penampilan Ritassya di ajang Miss Grand International 2023. Enggak cuma merancang kostum dengan aksesori yang bagus, di sini Rinaldy memberikan sentuhan khusus dimana setiap detail tuh ada maknanya. Dan semuanya demi kebanggaan Indonesia,” jelas Ivan.

Ritassya Wellgreat tampil memukau di Miss Grand International 2023. (Dok.Pribadi)

Rinaldy Yunardi sendiri merupakan desainer yang mendunia dan telah membuktikan dirinya melalui karya-karyanya yang sensasional dan bernilai art piece terutama dalam perancangan aksesoris kepala dan perhiasan. Prestasinya tergambar dari banyaknya selebriti terkemuka yang telah mengenakan hasil karyanya. Mulai dari Taylor Swift, Lady Gaga, Beyonce, Madonna, Paris Hilton, Katy Perry , Shakira, Nicki Minaj, Christina Aguilera hingga Mariah Carey. 

Creative Head Yayasan Dunia Mega Bintang, Dardo Siregar menjelaskan proses pembuatan kostum nasional seberat 15 kg ini sendiri memakan waktu 2 bulan. Tak ada kendala berarti kata Dado dari mulai proses perancangan oleh Rinaldy Yunardi hingga saat Ritassya fitting. Semuanya berjalan sesuai timeline. "Dan hasilnya saat ditampilkan benar-benar memesona hampir semua orang yang hadir di Phú Thọ Indoor Stadium tadi malam," ujar 
Dado.

Setelah pagelaran National Costume, Ritassya kini tengah mempersiapkan diri untuk ajang Grand Final yang akan berlangsung pada Rabu (25/10) mendatang. Saat ini dia berada di urutan pertama  Top 10 Miss Popular Vote Ranking. Untuk mendukung penampilan Ritassya pada Grand Final, Ivan Gunawan yang merupakan National Director Miss Grand Indonesia juga akan hadir secara langsung  ke Vietnam.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan