Sawi Putih dan 5 Kebaikannya untuk Kesehatan

Alam Mary | 1 Januari 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sawi putih termasuk sayuran  yang digemari. Rasanya cenderung manis dengan tekstur yang renyah pada bagian batangnya. Ditumis sederhana saja, sayuran yang biasa dibuat kimchi ini sudah terasa nikmat.

Namun kelebihan sawi putih tidak hanya soal kenikmatan rasanya. Karena terdapat juga banyak kebaikan sawi putih untuk kesehatan. Memasukkan sawi putih ke dalam menu diet harian tentu sangat dianjurkan.

Melansir Wio News, berikut ini 5 kebaikan sawi putih yang tidak bisa dianggap sepele. 

1. Bernutrisi tinggi

Sawi putih termasuk makanan rendah kalori, namun kaya nutrisi. Dalam sawi putih terkandung banyak vitamin, terutama Vitamin K, Vitamin C, dan Vitamin A. Secara umum kandungan nutrisi ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga kesehatan kulit. 

2. Membantu melawan stres oksidatif

Sawi putih merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik. Termasuk di dalamnya yaitu pitonutrien seperti beta karoten dan flavonoid. Kandungan antioksidan inilah yang akan melawan stres oksidatif atau ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh.

3. Mendukung sistem pencernaan yang sehat

Kandungan serat sawi putih dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Secara khusus dapat mengatasi gangguan konstipasi atau sembelit. Secara umum dapat membantu menjaga kesehatan usus. 

4. Mencegah kanker

Sawi putih memiliki kandungan yang dipercaya dapat melawan kanker. Kandungan glukosinolat pada sawi putih bisa berubah menjadi senyawa bioaktif yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. 

5. Mendukung kesehatan jantung 

Sawi putih mengandung potasium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serts mendukung fungsi jantung yang lebih sehat. Kandungan seratnya juga dapat menurunkan tekanan darah.

Penulis : Alam Mary
Editor : Supriyanto