Tips Memilih Baju Lebaran di Event Zaloraya Fashion Week 2024

Ari Kurniawan | 21 Februari 2024 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ummat Muslim siap melaksanakan ibadah puasa, yang kemudian dilanjutkan dengan merayakan hari raya Idul Fitri. Perayaan ini identik dengan baju baru dan makanan khas yang ada hanya pada saat hari raya.

Setiap orang memiliki tema busana Lebaran yang berbeda-beda. Banyak faktor budaya dan agama yang dapat mempengaruhi tema baju lebaran, sehingga banyak jenis baju lebaran yang masih kuno dan tradisional. 

Jelang Lebaran, pusat perbelanjaan pun mengusung tema hari raya dan memberikan promo-promo yang menarik. Begitu juga dengan Zalora, yang melakukan promo lebaran Zalora.

ZALORAYA 2024: Land Of Dreams merupakan tema yang di usung Zalora untuk ikut memeriahkan hari raya Idul Fitri, dengan menngusung Perayaan Fashion Tahunan Menjelang Ramadhan. Zaloraya ini akan menghadirkan banyak koleksi pakaian muslim musiman di Zalora. 

Event ini akan diadakan di Mall Kota Kasablanka mulai dari tanggal 23 Februari sampai 3 Maret 2024. Tahun ini Zalora mengusung Tema Land of Dream, dimana merekan akan melakukan kegiatan ini dibeberapa negara muslim yang ada di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Dalam ajang tersebut mereka akan memberikan berbagai pilihan dan aksesoris fashion terbaik untuk menyambut bulan Ramadhan. Bahkan event ZALORAYA 2024 akan menghadirkan koleksi eksklusif dari desainer lokal ternama Indonesia, seperti Vivi Zubaedi, Geulis, Benang Jarum, Nada Puspita, Klamby, Ria Miranda, Kamila by Itang Yunaz, dan Preview by Itang Yunaz. 

Jika kamu masih bingung ingin mengunakan baju Lebaran yang seperti apa, tips di bawah ini dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan:

1. Sesuaikan dengan gaya dan selera

Setiap orang mempunyai gaya dan selera berpakaian masing-masing. Penting bagi kamu untuk menyesuaikan pakaian lebaran sesuai dengan kesukaan kamu sendiri saat memilih pakaian. Dengan mengenakan baju lebaran yang sesuai dengan gaya kita, otomatis akan membuat kita semakin percaya diri dan nyaman, serta menjadikan hari raya menjadi istimewa. 

2. Mengutamakan kenyamanan 

Pakaian bagus akan selalu terlihat bagus. Jika kamu mencoba mencari pakaian yang bagus, tetapi kamu merasa tidak nyaman memakainya, pakaian tersebut tidak akan terlihat bagus dan akan merugikan kamu. 

Pilihlah baju lebaran yang berbahan nyaman dan mudah dipakai, pastikan baju tidak panas dan tidak terlalu ketat. Ini akan memungkinkan kamu  berlatih dengan bebas tanpa mengkhawatirkan tampilan pakaian kamu.

3. Tentukan tema Idul Fitri 

Meski tidak ada keharusan untuk memakai tema lebaran, namun menentukan tema akan memudahkan dalam mencari baju lebaran. Pilihlah tema yang sederhana, misalnya Arab, tema tradisional, pilih warna yang kuat dan serasi dengan anggota keluarga, atau gunakan cara yang unik dan tidak terlalu terbatas. 

Tak sedikit pula yang memakai batik saat lebaran. Tidak masalah topik apa yang dipilih, asalkan tidak menyimpang dari nilai-nilai agama dan adat. 

4. Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Pakaian yang pas di badan akan membuat kamu tampil cantik dan percaya diri saat memakainya. Kamu tentu tidak ingin terlihat tenggelam dalam pakaian kamu, jadi alangkah baiknya jika kamu memilih pakaian dengan mengukur kondisi tubuh. 

Kamu harus memilih pakaian dan sesuaikan dengan tipe tubuh kamu dan carilah inspirasi yang sesuai dengan bentuk tubuh. Misalnya, jika tubuh kamu berbentuk buah pir, pinggang dan paha lebih lebar dari tubuh bagian atas, maka pilihlah gaun lebaran dengan model A-line atau bagian bawah melebar. Ini memberikan gambaran akurat tentang bagian atas dan bawah tubuh.

Jangan sampai salah memilih pakaian karena tidak mengetahui bentuk tubuh yang kamu miliki. Banyak orang yang salah memilih karena tidak sesuai dengan bentuk tubuh, sehingga pakaian bagus dan semahal apa pun terlihat tidak cocok ketika dipakai.

5. Lihat lokasi dan suasana Lebaran

Sesuaikan baju lebaran dengan lokasi dan kondisi tempat kamu akan merayakan lebaran. Apabila akan dilaksanakan secara formal, maka pilihlah baju yang elegan dan sopan, seperti dress kaftan panjang dengan warna dan corak yang tidak mencolok, untuk sentuhan terakhir dilengkapi dengan aksesoris. 

Jika dirayakan secara santai dirumah saja, pilihlah baju yang nyaman sesuai dengan style pribadi, seperti baju setelan atas bawah atau tunik panjang dipadukan bawahan rok atau celana kulot. Jangan sampai kamu menggunakan pakaian formal di kondisi santai begitu sebaliknya.

Itulah beberapa tips memilih busana untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan teman-teman. Karena banyak sekali pilihan tipe baju lebaran yang menarik dan terlihat modis, namun yang terpenting adalah rasa nyaman dibandingkan desain baju tersebut, selain itu tetap pilih pakaian yang menjunjung nilai-nilai keagamaan dan budaya yang ada di masyarakat.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan