Pentingnya Eksfoliasi Agar Wajah Tidak Terlihat Kusam

Sekar Diana Putri | 14 Juni 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wajah adalah aspek yang sangat mencolok dari penampilan kita di berbagai kesempatan. Paparan make up, debu, dan polusi bisa membuat kulit wajah terlihat kusam dan bahkan menyebabkan masalah jerawat. Meskipun make up sering digunakan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan, pada kenyataannya, penggunaan yang berlebihan malah dapat memperburuk kondisi kulit, menjadikannya semakin kusam. Oleh karena itu, perawatan kulit sangatlah penting. Namun, hanya menggunakan produk skincare saja tidaklah cukup. Pentingnya eksfoliasi juga tidak bisa diabaikan, karena dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit, membuat wajah kembali berseri dan cerah.

Eksfoliasi wajah merupakan tahapan perawatan wajah yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, debu, dan polusi pada wajah. Sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan menimbulkan jerawat sehingga wajah terlihat lebih kusam dan berminyak. Perawatan ini berperan penting dalam tahapan skincare karena dapat membuat kinerja skincare lebih optimal karena meresap ke bagian permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah, kulit wajah akan lebih bersih dan cerah. Itu sebabnya eksfoliasi wajah berperan sangat penting dalam kecantikan. Eksfoliasi wajah dibagi menjadi dua bagian yaitu eksfoliasi mekanik dan eksfoliasi kimia. Apa yang membedakan keduanya? 

Eksfoliasi mekanik merupakan tindakan mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan scrub, sikat wajah yang halus, ataupun lap wajah khusus. Eksfoliasi ini kurang disarankan untuk wajah yang sensitif, karena bahannya yang cenderung kasar akan membuat kulit wajah memerah bahkan sampai terluka. Sebaiknya eksfoliasi kimia dilakukan 2x dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Sementara eksfoliasi kimia menggunakan bahan aktif seperti alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), lactic acid, citric acid, dan lain-lain. Biasanya bahan-bahan ini dapat ditemui pada serum eksfoliasi sehingga lebih aman untuk wajah sensitif. Berbeda dengan eksfoliasi mekanik, teknik ini justru dapat digunakan setiap hari sesuai kebutuhan kulit wajah. 

Perawatan wajah ini tidak boleh dilakukan setiap hari karena dapat membuat kulit wajah iritasi dan menipis. Eksfoliasi harus dilakukan pada malam hari dan pagi nya kulit wajah harus terlindung dari sinar UV dengan menggunakan sunscreen. Wajah setelah eksfoliasi jika terkena matahari akan memerah dan meradang, itu sebabnya peran sunscreen sangat penting untuk kulit wajah. Sebelum melakukan eksfoliasi tahapan terpenting yaitu kenali kulit wajah karena perawatan akan berbeda tergantung pada kondisi kulit wajah. 

Untuk eksfoliasi mekanik lakukan selama 30 menit sambil menggosokan produk perlahan ke bagian wajah yang kusam. Usahakan tidak melakukan eksfoliasi secara kasar dan terlalu lama untuk menghindari iritasi pada wajah. Sementara untuk eksfoliasi kimia caranya dengan mengoleskan produk secara merata ke wajah selama 60 detik kemudian bilas sampai bersih. Produk eksfoliasi kimia juga dapat digunakan bersamaan dengan skincare, tergantung kandungan dan cara penggunaannya.

Maka dari itu, sebelum melakukan eksfoliasi wajib untuk mengetahui kondisi wajah supaya tidak salah saat melakukannya. Pastikan untuk membaca cara penggunaan secara teliti untuk penggunaan yang maksimal.

Penulis : Sekar Diana Putri
Editor : Binsar Hutapea