4 Buah-buahan Pilihan untuk Bantu Redakan Nyeri Menstruasi

Alam Mary | 24 Juni 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Datangnya periode menstruasi menjadi masa-masa menegangkan bagi kebanyakan wanita. Salah satunya karena rasa nyeri di perut atau kram yang muncul sebelum atau saat menstruasi itu sendiri berlangsung. Tidak sekadar mengganggu aktivitas, nyeri menstruasi juga menyiksa secara fisik. Bagi sebagian wanita, rasa sakitnya bahkan tidak tertahankan.

Asupan yang tepat sebelum dan saat menstruasi dipercaya sebagai salah satu cara untuk membantu mengatasi nyeri menstruasi. Dengan tingkatan nyeri menstruasi yang lebih terkontrol, tentunya bantuan konsumsi obat-obatan pereda nyeri jadi tidak terlalu dibutuhkan.

Kebanyakan orang mungkin akan mengira asupan yang tepat untuk mengatasi nyeri menstruasi sebatas tanaman jamu atau rimpang. Nyatanya tidak. Karena beberapa jenis buah-buahan juga bisa membantu meredakan nyeri menstruasi. Harus mengonsumsi buah yang rasanya enak dan nikmat tentu lebih menyenangkan, bukan? 

Melansir Flo Health, berikut 4 buah-buahan yang bisa jadi pilihan. Buah-buahannya termasuk yang sangat umum dan mudah ditemukan di pasaran, lo.

1. Pisang

Pisang sejak lama diketahui dapat membantu mengatasi kram atau nyeri saat menstruasi. Buah yang sangat mudah ditemukan dan banyak jenisnya ini kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi sembelit saat menstruasi. Efeknya, Anda jadi tidak merasa terlalu begah atau kembung yang sering jadi penyebab nyeri menstruasi semakin kompleks. Selain itu, pisang juga mengandung gula alami, sehingga memakannya sedikit lebih banyak dari takaran biasa tidak akan terlalu membahayakan kesehatan tubuh.

2. Lemon

Lemon kaya akan vitamin, terutama Vitamin C. Vitamin C akan membantu dalam penyerapan zat besi yang didapat dari makanan ke aliran darah dan jaringan tubuh. Seperti diketahui, saat menstruasi, wanita juga hampir pasti kehilangan banyak darah. Selain itu, lemon juga mengandung serat yang dapat membantu meredakan otot yang tegang. 

3. Jeruk

Mungkin rasa asam pada lemon tidak terlalu membuat nyaman bagi sebagian orang. Ada risiko penambahan gula berlebihan juga agar lemon dapat dinikmati. Maka pilihan buah yang sama baik adalah jeruk. Bahkan kandungan Vitamin C pada jeruk lebih tinggi dibanding lemon. Selain itu, jeruk juga mengandung magnesium, potassium, dan Vitamin D yang diyakini dapat membantu meredakan nyeri menstruasi.

4. Semangka

Buah terakhir dalam daftar, yaitu semangka. Rasanya ringan dan manis menyegarkan. Semangka yang tinggi kandungan air dapat langsung dibuat jus tanpa perlu bahan tambahan lain lagi, seperti gula atau susu. Semangka akan dengan mudah menghidrasi tubuh dan hanya sedikit gula alami saja yang akan masuk ke aliran darah. Inilah yang dipercaya dapat membuat nyeri menstruasi berkurang signifikan.

Penulis : Alam Mary
Editor : Supriyanto