4 Emosi Negatif Ini Dirasakan Mereka yang Baru Saja Operasi Plastik

Alam Mary | 20 Juli 2024 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tindak operasi plastik tidak pernah bisa dianggap sepele. Sekecil apapun prosedur operasi plastik yang dilakukan, ini tetap suatu masalah besar. Ada dampak lain yang lebih besar dan harus dihadapi di luar perubahan fisik itu sendiri. 

Well, operasi plastik nyatanya lebih menjadi persoalan psiko-sosial. Karena mau tidak mau, mereka yang melakukan operasi plastik akan dihadapkan pada penilaian orang lain yang bisa jadi tidak selalu positif. Hal ini tentu saja akan memengaruhi secara psikologis.

Walau tahapan sebelum dilakukannya prosedur operasi plastik itu sendiri sudah cukup panjang dan matang, munculnya beragam emosi negatif tidak dapat dihindari. Terutama ketika operasi plastik baru saja dilakukan atau saat fisik masih jauh dari kondisi pulih sempurna. Biasanya sekitar 4 sampai 6 minggu pertama pasca operasi.

Melansir situs San Francisco Plastic Surgery, berikut 4 emosi negatif yang wajar muncul pada seseorang pasca melakukan operasi plastik.

1. Panik 

Perasaan seperti, "Oh, apa yang baru saja kulakukan?" akan muncul. Terutama saat prosedur operasi plastik benar-benar baru selesai dilakukan. Yaitu ketika bagian tubuh yang dioperasi masih nampak bengkak dan merah kehitaman seperti lebam, lengkap dengan balutan perban. Karena target hasil operasi plastik yang dibayangkan masih belum terlihat nyata. 

2. Kecemasan, penyesalan, dan perasaan bersalah 

Walau sudah ditanyakan soal keyakinan melakukan operasi jauh sebelum prosedur operasi plastik dilakukan, tetap saja akan muncul perasaan cemas, menyesal, dan rasa bersalah. Ini sesuatu yang normal berkecamuk dalam pikiran. 

3. Keraguan diri

"Apa saya benar-benar membutuhkannya?" Pertanyaan ini juga akan muncul begitu saja dalam benak. Tapi tentu saja, semua sudah telanjur terjadi dan waktu tidak dapat dimundurkan. 

4. Khawatir

Perasaan khawatir muncul ketika seseorang yang melakukan operasi plastik pulang ke rumah dan lingkungan sosialnya. Khawatir akan hasil akhir operasi dan khawatir saat harus menghadapi orang-orang dengan segala respons yang tidak dapat diprediksi. 

Hasil akhir operasi plastik sendiri memang tidak dapat dilihat secara langsung. Butuh waktu yang cukup lama, bisa 6 bulan hingga 1 tahun agar hasil operasi terlihat lebih alami atau menyatu dengan tubuh. Segala emosi negatif yang sempat muncul biasanya akan hilang atau paling tidak berkurang seiring waktu. Terlebih jika hasil akhir operasi plastik sudah terlihat nyata dan memuaskan. 

Penulis : Alam Mary
Editor : Supriyanto