Stroke Ready Hospital, RS Siloam TB Simatupang Cepat Tanggap Tangani Stroke

Supriyanto | 17 Agustus 2024 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Stroke menempati peringkat kedua penyebab kematian di seluruh dunia dan merupakan salah satu penyebab utama kecacatan.

Melihat kondisi ini, dibutuhkan komitmen untuk memberikan penanganan stroke yang cepat dan efektif di Indonesia. 

Sebagai bentuk komitmen penanganan stroke yang cepat dan efektif khususnya di kota Jakarta, Rumah Sakit Siloam TB Simatupang resmi meluncurkan layanan “Stroke Ready Hospital”.

“Kami dengan bangga memperkenalkan pencapaian Siloam Hospitals TB Simatupang sebagai ‘Stroke Ready Hospital’ sebagai bukti komitmen kami dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat," ujar Medical Managing Director Siloam Hospital Group dr. Grace F. Indradjaja M.M di RS Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan.

"Dengan adanya layanan ini, kami berharap dapat memberikan dan mewujudkan harapan para pasien stroke dan keluarga, karena setiap detik itu berharga,” tambah Grace F. Indradjaja.

Dalam pengenalan “Stroke Ready Hospital”, Siloam Hospitals TB Simatupang mengusung tagline “Right from the Start”. Tagline ini menyiratkan pentingnya penanganan stroke sejak dini untuk meminimalkan risiko kecacatan permanen. 

Stroke Ready Hospital, RS Siloam TB Simatupang Cepat Tanggap Tangani Stroke

Dokter spesialis neurologi Siloam Hospital TB Simatupang dr. Peter Gunawan Ng Sp.N FAf Neurologie mengatakan Siloam TB Simatupang berupaya untuk menangani stroke dengan cepat mulai dari Instalasi Gawat Darurat terutama untuk stroke sumbatan.

“Kita awali dengan di mana petugas kita saat menjemput di rumah sudah dibekali pengetahuan apakah masih stroke, jadi di rumah sudah assessment, dan begitu di IGD rumah sakit mereka sudah informasikan ke dokter yang bersangkutan bahwa ada pasien stroke akan datang ke rumah sakit,” terang Peter Gunawan.

Rumah Sakit Siloam TB Simatupang juga telah mendapatkan Stroke Nurse Certification dan Advance Stroke Life Support pertama di Indonesia dari WSO Angels.

Peralatan medis yang canggih untuk diagnosis dan pengobatan stroke, serta mengadopsi protokol penanganan stroke secara cepat dan tepat juga diakui secara internasional.

Melalui penilaian WSO Angels Awards, Siloam Hospitals TB Simatupang telah memenuhi standar internasional dalam pelayanan kesehatan yang sangat ketat dan bermutu tinggi serta mendapatkan Gold Status sebanyak 2 kali sejak 2020 dan meningkat ke Diamond Status sebanyak 5 kali sejak 2023.

Penulis : Supriyanto
Editor : Supriyanto