4 Pertanda Anda Terjebak dalam Hubungan yang Salah

Binsar Hutapea | 17 September 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak setiap hubungan berjalan sesuai dengan harapan, dan jika Anda tidak berhati-hati dalam memilih pasangan, seiring berjalannya waktu, hubungan tersebut bisa menimbulkan banyak kepahitan dan patah hati. Dengan semakin banyaknya aplikasi kencan yang tersedia di ponsel Anda, orang-orang mungkin menjadi terlalu banyak pilihan kencan potensial, yang dapat meningkatkan kemungkinan terjebak dalam hubungan yang salah atau toksik. 

Seseorang bisa merasa terjebak dengan pasangannya bahkan sebelum mereka berkomitmen atau menjadikan hubungan mereka resmi, berkat "situationship," tren kencan yang mendorong kencan santai. Kurangnya komunikasi yang jelas atau perbedaan ekspektasi dalam sebuah hubungan dapat membuat Anda merasa terjebak.

Berikut adalah 5 tanda bahwa Anda terjebak dengan pasangan Anda:

1. Tak ada ruang untuk komunikasi terbuka  
Jika pasangan Anda terus-menerus mencegah Anda untuk berkomunikasi secara terbuka dan menilai Anda sebagai orang yang membutuhkan atau putus asa, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda terjebak dalam hubungan. Ketidakmampuan untuk berkomunikasi dengan jelas atau memahami arah hubungan dapat menyebabkan frustrasi dan ketidakpuasan. Anda mungkin berada dalam keadaan di mana Anda terus-menerus memikirkan situasi Anda.

2. Saat Anda tidak membicarakan masa depan
Ketika hubungan Anda berjalan dengan baik, membicarakan masa depan sebagai pasangan adalah hal yang wajar, terutama jika salah satu dari Anda menginginkan hubungan jangka panjang. Jika pasangan Anda terus-menerus menghindari pembicaraan tentang masa depan atau mengatakan hal-hal seperti, “Lihat saja nanti,” atau “Saya menikmati apa yang kita miliki saat ini,” itu adalah tanda jelas bahwa mereka tidak ingin hubungan ini berkembang.

3. Merasa tidak puas  
Jika pasangan Anda tidak memberikan perhatian yang cukup, tidak berusaha, atau tidak menghabiskan waktu dengan Anda, dan Anda merasa frustrasi atau marah tetapi tidak bisa berbicara tentang hal itu, itu adalah tanda bahwa Anda terjebak dalam hubungan tersebut.

4. Berfantasi tentang apa yang bisa menjadi hubungan  
Apakah Anda sering memikirkan hubungan Anda, bermimpi tentang momen-momen sempurna, atau membayangkan cerita dongeng? Namun, ketika Anda melihat pesan-pesan mereka, kenyataan terasa menghantam karena mereka menunjukkan sedikit kepedulian atau usaha. Jika Anda terus-menerus berfantasi tentang hubungan Anda, dan itu tidak pernah sesuai dengan kenyataan, Anda akan menyakiti diri sendiri dan menurunkan standar Anda. Ini adalah tanda jelas bahwa Anda terjebak dengan pasangan Anda.

5. Hubungan yang abusif  
Ketika Anda jatuh cinta, bisa jadi mudah untuk menormalisasi perilaku toksik, termasuk kekerasan fisik atau emosional. Sulit untuk meninggalkan hubungan yang abusif atau manipulatif, dan meskipun Anda terus memberi mereka kesempatan kedua dan ketiga, rasanya hampir tidak mungkin untuk keluar dari situasi tersebut. Ini adalah tanda utama bahwa Anda terjebak dengan pasangan Anda.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Ari Kurniawan