Parutan Kulit Lemon Bisa Dipakai untuk Masakan Apa Saja Sih?

Alam Mary | 18 September 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Masih sering menikmati atau mengambil manfaat buah atau sari lemon, namun menyia-nyiakan kulitnya? Seharusnya 

Anda tidak melakukannya lagi. Karena seperti buahnya, kulit lemon pun memiliki banyak kegunaan. 

Anda bisa memarut kulit lemon. Manfaatkan dalam keadaan segar atau pun melalui proses penyimpanan.

Parutan kulit lemon bila diaplikasikan secara tepat, dapat membuat suatu hidangan menjadi lebih nikmat. Hasil masakan Anda akan naik kelas. Bak karya seorang jebolan masterclass!

Melansir Wion, ada 5 cara menarik pengaplikasian parutan kulit lemon untuk hidangan Anda. Berikut ini daftarnya.

1. Parutan kulit lemon dapat ditaburkan ke atas adonan muffin, cookies, atau cake sebelum dipanggang. Parutan kulit lemon akan memberi sensasi rasa dan aroma unik yang lebih kuat dan meninggalkan kesan. 

2. Parutan kulit lemon dapat ditambahkan secara fresh di atas salad sebagai salah satu dressing. Salad racikan Anda akan mengeluarkan aroma asam yang menyegarkan dan mengggugah selera.

3. Parutan kulit lemon bisa digunakan untuk proses marinasi daging, ikan, atau tofu. Sari lemon akan memberi tambahan sensasi rasa menyengat yang menyegarkan pada masakan. 

4. Parutan kulit lemon yang ditaburkan di atas hidangan pasta, terutama yang teksturnya lembut dan bermentega (creamy), akan meningkatkan rasa hidangan pasta dan tidak membuat eneg.

5. Campurkan parutan kulit lemon ke olahan sayur. Fungsinya adalah sebagai bumbu yang membuat rasa sayur lebih istimewa dan nikmat di lidah.

Penulis : Alam Mary
Editor : Supriyanto