Diminati Anak Muda, Ini Loh Manfaat Olahraga Berkuda

Indra Kurniawan | 21 September 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Olahraga berkuda belakangan semakin diminati, terutama oleh kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan olahraga berkuda diyakini memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. 

Menurut founder Kezillaz, Anton Pratama, sejak Pandemi Covid-19 sampai saat ini berkuda masih menjadi salah satu olahraga pilihan masyarakat Indonesia. Ia berharap tren ini bisa terus terjaga. 

“Karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berkuda,” ujar Anton.

Beberapa manfaat fisik yang dapat diperoleh dari olahraga berkuda kata Anton antara lain memperbaiki postur tubuh, meningkatnya keseimbangan dan koordinasi, meningatkan kekuatan otot, dan memperkuat jantung.

"Sedangkan manfaat berkuda untuk kesehatan mental antara lain mengurangi stres, memberikan efek terapeutik, membangun rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan mengendalikan diri yang baik, dan lebih sensitif dengan makhluk hidup," urai Anton.

“Memang tidak mudah karena ada syarat lantaran terdapat 2 nyawa dari olahraga tersebut yaitu nyawa manusia yang menaiki kuda dan nyawa kuda itu sendiri. Tapi jika semua kompak, maka semua rintangan dan tantangan akan terlewati dengan mudah,” tegasnya.

Untuk melewati itu semua, lanjut Anton, unsur keamanan adalah hal utama. 

“Setidaknya perlu menyiapkan perlengkapannya seperti pelana dan sadel, untuk kuda maupun celana berkuda, sepatu bot, helm, dan tentunya rompi peindung. Semua itu tersedia di Kezillaz,” beri tahunya.

Kezillaz menurut Anton merupakan brand perlengkapan berkuda berstandar internasional. Sejumlah atlet nasional seperti Agung Riyanto, asiha Hakeem, Djalu Hakeem dan pelatih senior James Momongan serta sejumah artis ibu kota menggunakannya.

Menurut Agung Riyanto dan James Momongan, olahraga ini bukan olahraga yang mudah untuk dijalani. Namun begitu, Agung berpendapat jika ditekuni maka akan mudah untuk dilakukan.

“Kebetulan saya mengenal olahraga ini sejak kecil. Bukan olahraga yang mudah memang, namun jika kita telaten dan tekun maka akan seperti ini. Penuh tantangan dan adrenalin,” tuturnya.

Senada dengan Agung, pelatih senior James momongan juga menjelaskan bahwa berkuda olahraga yang sangat menyenangkan. "Berkuda juga melatih kita untuk berani," imbuh James.

Karena termasuk olahraga yang mampu memacu adrenalin, Agung menyarankan para atlet yang mencoba olahraga berkuda juga harus memperhatikan unsur keselamatan seperti menggunakan alat-alat penyelamat seperti helm, rompi pelindung, sarung tangan, dan sepatu bot

“Untuk itu saya sarankan gunakan produk Kezilaz karena lebih comfortable ketika digunakan. Saya sudah mencobanya sejak lama. Enak juga dan aman,” tambahnya. 

Agung dan James memiliki harapan terhadap olahraga berkuda. “Ini adalah olahraga yang aman dan comfortable, saya harapkan akan lahir banyak atlet yang memiliki prestasi baik. Dan tentunya mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional,” ujar Agung.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan