Jangan Salah Pilih Sahabat, Ini 5 Cara Membedakan Teman Sejati dan Teman Palsu

Binsar Hutapea | 25 September 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mengidentifikasi teman sejati kadang-kadang merupakan hal yang sulit! Oleh karena itu, mengetahui beberapa petunjuk yang menunjukkan tanda-tanda untuk mengenali teman palsu sangatlah penting. 

Berikut adalah lima indikator utama untuk membedakan mana teman palsu dan teman sejati

1. Mereka hanya ada saat segalanya berjalan baik

Teman sejati akan selalu berada di samping Anda dalam suka dan duka. Jika seseorang hanya muncul saat segalanya baik tetapi pergi saat situasi sulit, itu adalah masalah.

Ini sering kali menandakan bahwa mereka ada untuk keuntungan mereka sendiri, bukan karena peduli dengan Anda. Persahabatan sejati adalah dukungan dua arah, yang paling terlihat saat masa-masa sulit. Anda akan menyadari bahwa orang seperti itu tidak akan pernah ada untuk membantu Anda dalam keadaan terburuk atau terbaik.

2. Mereka tidak merayakan kesuksesan Anda

Teman sejati akan senang merayakan pencapaian Anda. Jika mereka meremehkan kesuksesan Anda, membuat komentar sarkastis, atau tampak cemburu, sudah saatnya mengevaluasi niat mereka. Beberapa orang mungkin hanya cemburu atau memiliki ego yang rapuh.

Teman baik saling menghargai dan merayakan kesuksesan satu sama lain. Jika Anda merasa mereka tidak pernah menghargai atau mencoba memperkecil pencapaian Anda, itu jelas menunjukkan bahwa mereka bukan teman sejati.

3. Mereka selalu mengalihkan pembicaraan kembali kepada diri mereka sendiri

Percakapan persahabatan yang sehat harus bersifat timbal balik, di mana kedua pihak menunjukkan minat satu sama lain. Jika seseorang terus mengalihkan pembicaraan kembali kepada dirinya sendiri dan tampak tidak peduli dengan hidup Anda, ini adalah tanda egois.

Orang yang egois cenderung tidak peduli pada Anda dan tidak akan berusaha memahami perasaan Anda.

Teman sejati mendengarkan dan berbagi dialog yang bermakna, mencerminkan kepedulian terhadap hidup Anda. Jika mereka jarang membiarkanmu berbagi pikiran dan perasaan, ini adalah tanda bahwa mereka tidak peduli dengan persahabatan tersebut.

4. Mereka jarang memulai kontak

Persahabatan memerlukan dua orang untuk saling berusaha. Jika Anda selalu yang memulai kontak, merencanakan pertemuan, dan mengecek kabar, kemungkinan orang tersebut tidak menghargai persahabatan ini sebagaimana Anda.

Meskipun wajar jika kadang-kadang pergerakan komunikasi tidak seimbang, jika ini terjadi secara rutin, itu biasanya menunjukkan kurangnya minat yang tulus. Teman sejati berusaha untuk tetap berhubungan dan menunjukkan bahwa mereka juga peduli pada Anda. Jika Anda selalu merasa yang berusaha, mungkin sudah saatnya untuk mengevaluasi hubungan tersebut.

5. Mereka secara halus merendahkan Anda 

Teman sejati mendukung dan memotivasi. Jika seseorang terus memberikan pujian yang merendahkan, menggunakan sarkasme, dan secara halus mengkritikmu, maka bisa dipastikan ada negatif di baliknya. Ini mungkin karena cemburu atau ingin merasa lebih unggul.

Teman sejati akan saling membangun dan memberikan kritik konstruktif jika perlu. Jika komentar seseorang selalu membuatmu merasa kecil hati atau tertekan, itu jelas menunjukkan bahwa mereka mungkin bukan teman sejati. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang benar-benar mendukung dan mengangkat Anda.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Supriyanto