7 Alasan Anda Sebaiknya Tak Jatuh Cinta pada Sahabat Baik

Binsar Hutapea | 25 September 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jatuh cinta tidak terduga datangnya. Terkadang, Anda bahkan jatuh cinta pada sahabat. 

Meski jatuh cinta pada sahabat baik terdengar seperti ide yang bagus, bukan tak mungkin hal itu malah bisa berjalan ke arah yang tak terduga.

Berikut adalah 7 alasan mengapa Anda sebaiknya menghindari jatuh cinta pada sahabat baik:

1. Merusak persahabatan 
Jatuh cinta pada sahabat terbaik dapat merusak persahabatan. Ini bisa meninggalkan bekas pada ikatan kalian, dan segalanya mungkin tidak pernah sama antara kalian berdua.

2. Menciptakan kecanggungan
Situasi semacam ini dapat dengan mudah menciptakan kecanggungan. Jika sahabat Anda tidak merasakan hal yang sama, ini tidak hanya dapat merusak persahabatan tetapi juga menyebabkan ketegangan dan kecanggungan di antara kalian.

3. Ketidakamanan dan kecemburuan
Sahabat terbaik merasa nyaman dan terbuka di dekat Anda. Setiap kali mereka berbicara tentang atau mengungkapkan perasaan untuk orang lain, Anda mungkin merasa cemburu dan tidak aman, bertanya-tanya apakah Anda tidak cukup baik untuk mereka.

4. Kesenjangan komunikasi  
Mengungkapkan perasaan kepada sahabat terbaik dapat menciptakan kesenjangan komunikasi yang signifikan. Anda mungkin menghindari membuka diri tentang perasaan atau masalah, yang mengarah pada kurangnya komunikasi dan jarak yang lebih jauh di antara kalian.

5. Konflik dalam kelompok  
Jika Anda bagian dari kelompok teman yang lebih besar, memiliki perasaan untuk sahabat terbaikmu dapat menciptakan konflik. Jika mereka tidak merasakan hal yang sama atau jika segalanya tidak berjalan dengan baik, itu bisa mengganggu seluruh dinamika kelompok.

6. Ekspektasi yang tidak diinginkan  
Ketika Anda mengembangkan perasaan untuk sahabat terbaikmu, Anda mungkin mulai berfantasi dan menciptakan ekspektasi yang tidak realistis. Anda membayangkan skenario terbaik dan terburuk, yang dapat memengaruhi kesejahteraan emosionalmu.

7. Patah hati
Jatuh cinta pada sahabat terbaik meningkatkan kemungkinan patah hati. Jika segalanya tidak berjalan dengan baik, Anda mungkin kesulitan untuk mempercayai orang lain, dan trauma emosional itu bisa sulit untuk diatasi.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Supriyanto