5 Cara Keluar dari Lingkungan Pertemanan yang Toksik

Binsar Hutapea | 8 Oktober 2024 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kita semua pernah menjadi korban pengkhianatan, kebohongan, dan juga tikaman dari belakang dalam sebuah hubungan persahabatan. Seorang teman adalah seseorang yang kita andalkan, dan jika mereka membuat merasa tidak nyaman, Anda pun mulai mempertanyakan diri sendiri dan bertanya-tanya apakah mereka memiliki niat yang baik terhadap Anda.

Ketika memiliki teman yang toksik, Anda tidak bisa menjadi diri sendiri di depan mereka karena mungkin Anda takut mereka akan menyakiti Anda. Anda mungkin merasa tidak nyaman untuk menunjukkan sisi sebenarnya dan menyembunyikan luka-luka Anda dari mereka. Jika Anda memiliki teman seperti itu dalam hidup, Anda tidak perlu bertahan dengan mereka. Lebih baik menjauh dari lingkaran teman yang toksik.

Berikut adalah 5 cara untuk menjauh dari lingkaran pertemanan yang toksik:

1. Komunikasi yang jelas
Jika Anda ingin mengakhiri persahabatan dengan mereka, lebih baik berkomunikasi dengan jelas. Sampaikan masalah yang Anda  hadapi dan mengapa Anda  tidak ingin melanjutkan persahabatan ini; hal ini tidak akan menciptakan drama yang tidak perlu, dan Anda bisa mengakhiri persahabatan dengan baik.

2. Jauhkan diri
Cara terbaik untuk menjauh dari lingkaran teman yang toksik adalah dengan menjauhkan diri. Setelah Anda mulai menjauh perlahan-lahan, mereka akan menyadari bahwa Anda tidak tertarik dan tidak ingin menjadi bagian dari kelompok tersebut. Mungkin sulit untuk menjauh, tetapi seiring waktu, hal ini akan menjadi lebih mudah dan bermanfaat untuk kesehatan mentalmu.

3. Buat batasan
Sangat penting untuk membuat batasan dalam hubungan dan persahabatan. Setelah menetapkan batasan, Anda tidak akan membiarkan orang lain melanggarnya, dan lingkaran teman yang toksik tidak akan dapat melewati batasan tersebut.

4. Utamakan diri sendiri
Setelah menjauh, Anda akan memiliki waktu untuk memprioritaskan dirimu sendiri, mengerjakan dirimu, dan melakukan hal-hal yang Anda suka. Mulailah memprioritaskan dirimu sendiri karena tidak ada orang lain yang bisa melakukan itu untukmu. Setelah Anda mulai memperhatikan diri, Anda akan tahu bagaimana Anda ingin diperlakukan dan menarik teman-teman yang baik.

5. Berada di lingkungan positif
Sangat penting untuk berada di lingkungan yang positif saat Anda berusaha keluar dari lingkaran teman yang toksik. Setelah keluar dari persahabatan yang toksik, Anda seharusnya dikelilingi oleh orang-orang yang membuatmu merasa baik tentang dirimu sendiri, bukan membuatmu merasa tidak aman dan tidak berharga. Luangkan waktu dengan orang-orang yang benar-benar mendukungmu dan keluarga.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Binsar Hutapea