Indonesia Game Expo 2024: Ajang Pencinta Game dan Pop Culture di Indonesia

Ari Kurniawan | 11 Oktober 2024 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hajatan para pencinta game alias gamers, Indonesia Game Expo (IGX), siap digelar. Event akbar pertama yang menggabungkan elemen industri game dan pop culture di Indonesia ini akan berlangsung pada 26-27 Oktober di Hall 3 ICE BSD, Tangerang.

Mengusung tema "Past, Present, and Future", IGX 2024 bertujuan untuk menjaga ekosistem game dan pop culture di Indonesia, sekaligus mendorong pertumbuhan industri game baik di tingkat nasional maupun internasional. 

"Jadi, sebenarnya event ini salah satu wadah buat jaga semua ekosistem itu supaya berdamai lah. Karena di sini yang dihighlight banyak, nggak cuma game aja,” ungkap Andry Gosal, Steering Committee IGX, dalam konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Beragam Pengalaman untuk Pengunjung

IGX 2024 tidak hanya akan menyuguhkan pengalaman bermain game retro hingga terkini, tetapi juga menampilkan sneak peek game-game yang akan datang. Para pengunjung dapat menemukan beragam produk seperti mainan collectibles, designer toys, trading card games, dan board games. Selain itu, banyak aktivitas menarik lainnya seperti product launching, exclusive item, demo game terbaru, serta turnamen arcade, console, dan esports.

Acara ini juga akan menghadirkan kompetisi cosplay dan sesi meet and greet, menjadikan IGX 2024 spesial dan berbeda dari event-event serupa lainnya. “Selama ini, acara game digelar hanya untuk jenis game dan fokus dengan satu tujuan tertentu,” kata Andri.

Sinergi Antara Game dan Pop Culture

Andri menjelaskan, IGX 2024 hadir untuk melengkapi perkumpulan seluruh industri game dan pop culture. “Misal ada event toys game, esport, dan lain-lain. Nah, di sini penggabungan dari event-event itu dengan benang merahnya di game. Industri apapun yang berhubungan dengan pop culture pasti ada game karena kedua itu satu kesatuan, nggak bisa dipisahkan,” jelasnya.

Ide untuk mengadakan IGX 2024 bermula dari hobi bermain game dan mengikuti kegiatan pop culture. Seiring berjalannya waktu, Andri merasa ada yang kurang dari event-event tersebut. “Makin hari makin datar, geregetan kayak ada yang kurang. Apalagi sudah ada online. Padahal, dulu-dulu tuh kita masih excited datang ke event. Selalu ada yang menarik dan bisa dilakukan, bukan cuma belanja. Makanya saya pengin mengalami itu lagi,” ungkap Andri.

Kesempatan untuk Bernostalgia

Senada dengan itu, Jimmy Widjaya, Merchandising Assistant Vice President Computer & Gaming Category Blibli, menambahkan bahwa IGX 2024 menjadi ajang untuk bernostalgia. “Sebab, banyak menghadirkan game-game retro populer puluhan tahun terakhir. Saya ingat dulu masih main Super Mario Bros, nanti saya bisa kasih tahu ke anak kalau saya dulu juga main game 2 dimensi,” kenang Jimmy.

Menurutnya, event ini juga menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis dalam industri game dan pop culture di Indonesia. Dengan berbagai pengalaman menarik dan interaksi yang beragam, IGX 2024 siap menjadi landmark baru dalam dunia game dan pop culture di Indonesia.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan