Rayakan 45 Tahun Gundam, Gunpla Builders World Cup (GBWC) 2024 Tampilkan 102 Karya Anak Bangsa

Indra Kurniawan | 19 Oktober 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Empat puluh lima tahun sudah karakter Gundam mendampingi para penggemarnya dari berbagai generasi. Di tahun ke-12 penyelenggaraan di Indonesia, Gunpla Builders World Cup (GBWC) digelar di Lotte Mall Fun Atrium Lantai 3. 

"Di acara Gunpla Builders World Cup ke-12 ini pastinya ada yang spesial karena kami menghadirkan patung Gundam RX-78-2 setinggi 3 meter,” kata Cindy Madison, PR Manager Multi Toys perusahaan pemegang lisensi resmi Gunpla di Indonesia ditemui di Press Conference GBWC 2024, Jumat (18/10) sore.

"Ada juga booth yang memamerkan lini masa sejarah Gundam sejak tahun 1979. Selain itu ada juga karya-karya anak bangsa yang keren-keren banget, yang 3 orang pemenangnya nanti kami kirim untuk mewakili Indonesia untuk diadu lagi karyanya di Jepang," tambahnya.

Cindy lebih lanjut menjelaskan World Finals akan diadakan secara offline di Gundam Base Japan, Odaiba pada 22 Februari 2025. Cindy merasa takjub dari tahun ke tahun jumlah peserta yang mengikutsertakan karya robot Gundamnya ke Gunpla Builders World Cup semakin banyak. 

Tahun ini saja, total karya yang masuk untuk dipamerkan dan diadu mencapai 102 karya.

Patung Gundam 3 meter ditampilkan di Gunpla Builders World Cup di Lotte Mall Jakarta. (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

“Ya antusias pecinta dan pehobi Gundam buat kirim karyanya semakin banyak ya. Ini yang akan dipamerkan sudah sampai 102 karya yang masuk untuk dinilai,” jelas Cindy.

Item-item lainnya yang ditampilkan dalam pameran yang digelar dari 18 Oktober - 03 November 2024 kata Erick, pihaknya berfokus pada Mobile Suit Gundam: The Witch From Mercury serta produk Non Gunpla lainnya.

Ernest Prakasa sutradara sekaligus aktor yang kolektor Gunpla mengatakan dirinya baru diperkenalkan mainan tersebut oleh anaknya yang gemar menonton film Gundam di salah satu OTT. 

Berkat anaknya tersebut akhirnya Ernest mendapatkan cara baru untuk mengisi waktu disaat sedang dikejar-kejar banyak kerjaan. 

“Gua newbie banget sebenarnya, mungkin karena ini hobi menyenangkan, jadi bisa quality time bareng anak lah," kata Ernest yang menjadi bintang tamu pada Press Conference GBWC. 

Gunpla Builders World Cup 2024 tampilan 102 karya anak bangsa. (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

"Sebenarnya gua suka transformers. Lalu, pas anak sukanya Gundam dan suka merakit gunpla, akhirnya pindah haluan," lanjutnya. 

Ernest akhirnya ketagihan usai ikut dengan anak merakit gunpla. Ia pun membeli dengan jenis tingkatan yang berbeda, yakni Master Grade (MG) dengan ukuran yang lebih besar dari yang dimilki anak.

Kini pemilik rumah produksi Imajinari itu mengoleksi puluhan Gundam baik yang sudah dirakit dan belum. Agar tidak kebanyakan, ia mengaku membatasi diri untuk membeli Gundam keluaran terbaru.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan