Kolaborasi RS Mandaya Royal Puri dan Kalventis Hadirkan Vaksin Flu Singapura Pertama di Indonesia

Indra Kurniawan | 20 Oktober 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - RS Mandaya Royal Puri bekerja sama dengan Kalventis menggelar acara peluncuran vaksin Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) atau biasa disebut Flu Singapura pada Jumat (18/10). 

Dalam acara peluncuran, hadir 130 orang tua yang tergabung dalam komunitas Mom of Mandaya (Mooma) serta pembicara dr. Hildegardis Febrina Elanda Liando, Sp.A yang untuk mengedukasi para ibu terkait penyakit yang kerap disebut sebagai Flu Singapura ini.

“Komunitas MooMa Mandaya ini kumpulan wanita-wanita hebat yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan edukasi kesehatan ibu dan anak. Contohnya seperti pada event hari ini kita berhasil ngumpul bareng 130 orang MooMa yang akan memberitakan kedatangan vaksin flu singapura ini di Indonesia, mereka hadir dari segala penjuru kota,” ujar Manuella, Head of Brand & Partnership Mandaya Hospital Group.

Vaksin HFMD Flu Singapura baru diperkenalkan ke publik karena baru saja hadir di Indonesia. Erwin Suyanto, Public Relation Mandaya Royal Hospital Group menyebutkan kerja sama ini diharapkan bisa meredakan kekhawatiran para orang tua mengenai penyakit yang bisa memicu ruam, demam, dan nyeri pada anak tersebut. 

"HFMD adalah salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya apabila tidak segera ditangani, tapi sekarang kita bisa tenang karena sudah ada vaksinnya dengan angka efektivitas hingga 95%. Terima kasih juga kepada Kalventis karena sudah menghadirkan vaksin flu singapura ini di Indonesia," jelas Erwin.

Vaksin HFMD diperuntukkan untuk anak usia 6 bulan hingga 3 tahun dan diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak antar pemberian selama 1 bulan. Setelah itu, vaksin HFMD ini dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit HFMD seumur hidup.

Vaksin HFMD sudah tersedia di Mandaya Royal Hospital Puri dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 1 jutaan saja. Vaksin yang saat ini ada, menunjukkan efektivitas hingga 95% dalam mencegah kasus HFMD yang disebabkan oleh EV71.

Dengan diberikan vaksin, maka diharapkan risiko anak tertular penyakit ini bisa berkurang. Peluncuran vaksin flu singapura ini sejalan dengan komitmen mandaya dalam menghadirkan pelayanan terpadu untuk anak. 

RS Mandaya Puri memiliki tim dokter spesialis anak yang tergolong lengkap terdiri dari berbagai subspesialis seperti dokter anak konsultan neurologi, konsultan tumbuh kembang, konsultan jantung anak, konsultan PICU, konsultan kanker anak, konselor laktasi, hingga dokter spesialis anak klinik remaja yang menangani anak dimasa pubertas. 

Setelah vaksin flu singapura (HFMD) ini diperkenalkan diharapkan akan segera diterima dan diadopsi sehingga penyebaran penyakit HFMD dapat berkurang bahkan berakhir di Indonesia.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan