Tambah Wawasan, UMB Gelar Company Visit dan FGD dengan 2 Hotel Bintang 5 Ternama

Indra Kurniawan | 25 Oktober 2024 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam upaya meningkatkan wawasan mahasiswa serta mempererat hubungan dengan dunia bisnis, khususnya di sektor perhotelan, Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan program Company Visit dan Focus Group Discussion (FGD) dengan 2 hotel bintang 5 terkemuka, yaitu Hotel Wyndham Casablanca Jakarta dan Hotel Novotel Bogor.

Rombongan mahasiswa yang terdiri dari program Magister Ilmu Komunikasi UMB, dipimpin oleh Dananjaya Wicaksono dan didampingi oleh Dr. Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan, S.Sos., M.T., CPR., CICS, mengunjungi kedua hotel tersebut, Sabtu (19/10), untuk memperoleh pengetahuan langsung tentang praktik di industri perhotelan.

Di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta, rombongan diterima oleh Wijaksana Wing, Executive Assistant Manager. Dalam diskusi yang berlangsung, mahasiswa dan pihak hotel saling berbagi informasi mengenai Integrated Marketing Communication (IMC), yang menjadi topik penting baik bagi mahasiswa maupun dunia usaha. 

Kunjungan dan forum diskusi ini menjadi proses belajar tersendiri. Sebagaimana diungkapkan oleh  Executive Assistant Manager Wyndham Jakarta, Wijaksana Wing, “Saya menganggap ini sama-sama proses belajar. Bukan hanya dari sisi Mercu Buana tapi dari sisi saya sendiri pun mungkin ada pengalaman pengalaman yang mungkin bisa diterapkan di properti kami”

Lebih lanjut, Dr. Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan, S.Sos., M.T., CPR., CICS, yang akrab disapa Bunda Rossa, menawarkan kesempatan kerja sama untuk penempatan mahasiswa magang yang disambut baik oleh manajemen hotel.

Selain berdiskusi, mahasiswa juga berkesempatan untuk menjelajahi berbagai fasilitas hotel, termasuk ruang meeting dan kamar, diakhiri dengan santap siang istimewa yang disiapkan oleh chef hotel.

"Kunjungan ini sangat berharga bagi mahasiswa untuk mengaitkan teori yang dipelajari di kelas dengan praktik nyata di lapangan,” ungkap Dr. Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan, S.Sos.

Program Company Visit dan Focus Group Discussion (FGD) mempererat hubungan antara Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana dengan dunia bisnis. (Dok. Istimewa)

Setelah dari Jakarta, rombongan melanjutkan perjalanan ke Bogor untuk mengunjungi Hotel Novotel Bogor. Di sana, mahasiswa disambut hangat oleh Bapak Erik, pemilik hotel, bersama Bapak Herbert dan Ibu Kartika Sekartaji.

Dalam suasana akrab, pihak hotel berbagi pengalaman mengenai penerapan social media marketing, memberikan wawasan berharga bagi mahasiswa. 

Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan manfaat signifikan bagi pengembangan kompetensi dan keterampilan mahasiswa, khususnya dalam bidang komunikasi, serta membuka peluang kerja sama antara akademisi dan industri perhotelan.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan