Shailene Woodley Bicara soal Penyakit Misteris yang Dialaminya saat Syuting Film Divergent

Binsar Hutapea | 25 September 2024 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Shailene Woodley angkat bicara tentang masalah kesehatan yang dia alami saat syuting film Divergent pada tahun 2013 lalu.

Aktris serial Big Little Lies ini sempat mengalami kehilangan pendengaran dan kesulitan berjalan secara tiba-tiba saat syuting Divergent

"Saya kehilangan pendengaran. Saya tidak bisa berjalan lebih dari lima menit tanpa harus berbaring selama berjam-jam dan tidur. Segala yang saya makan membuat perut saya sakit," kata Shailena (32) kepada  Mary Alice Haney dan Dr. Thais Aliabadi di siniar She MD pada Selasa (24/8).

Shailene mengaku mencari tahu penyakitnya adalah "proses yang membingungkan". 

"Saya selalu makan dengan sangat sehat dan saya sangat atletis," katanya. "Jadi, itu adalah proses yang membingungkan bagi saya untuk berpikir, 'Apa yang salah? Kenapa saya pingsan setiap bulan saat saya haid? Kenapa saya hipotiroid?'"

"Kenapa saya mengalami semua hal ini?' Dan satu dokter mengatakan, 'Mungkin ini endometriosis.' Dan dokter lain mengatakan, 'Mungkin ini.' Dan dokter lain lagi berkata, 'Mungkin itu.' 'Anda memiliki rahim yang miring. Anda memiliki rahim berbentuk hati.' Setiap orang yang saya temui memberikan informasi yang berbeda, dan itu membawa saya pada perjalanan saya sendiri."

Shailene Woodley (Instagram)

Shailene juga mengakui mengalami "banyak hal lain" yang terjadi karena "merasa sangat tidak nyaman secara fisik."

"Saya tiba-tiba merasa takut dengan makanan. Lalu ada dismorfia tubuh dan kebingungan tentang identitas serta merasa tidak aman dengan diri saya sendiri," katanya tentang gejala mental yang dialaminya.

Ketakutan itu akhirnya mendorongnya untuk "benar-benar melihat ke dalam diri dan menjadi introspektif" untuk mengatasi kesehatan fisik dan mentalnya.

"Itu adalah, saya rasa, jalan bagi saya, bersamaan dengan penyembuhan fisik, adalah mengakui sisi mental dari proses penyembuhan untuk diri saya sendiri, yang melibatkan melihat trauma nyata dan PTSD nyata yang saya alami di berbagai waktu dalam hidup saya, tanpa merinci apa saja itu."

Setelah melihatnya dari sudut pandang holistik internal, sang aktris mengatakan masalah kesehatannya akhirnya teratasi. Butuh sekitar satu dekade baginya untuk pulih dan sembuh. 

"Dan sekarang ... saya tidak lagi mengonsumsi obat tiroid. Saya tidak lagi mengonsumsi obat apapun. Hormon saya sangat seimbang. Segala sesuatu berjalan seperti seharusnya," lanjutnya, menambahkan bahwa dia sangat sehat sekarang.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Binsar Hutapea