Seorang Dokter Mengaku Bersalah atas Kematian Bintang Friends Matthew Perry

Binsar Hutapea | 3 Oktober 2024 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu dari dua dokter California yang termasuk di antara lima orang yang diadili dalam kasus kematian overdosis bintang Friends, Matthew Perry, mengaku bersalah atas tuduhan mendistribusikan obat ketamin secara ilegal dalam persidangan yang digelar Rabu (2/10). 

Dokter Mark Chavez, yang berasal dari San Diego, menuturkan pengakuan tersebut dalam sidang di Pengadilan Distrik AS di Los Angeles. Dia bakal menghadapi hukuman penjara hingga 10 tahun, yang dijadwalkan dimulai pada bulan April mendatang.

Dokter lainnya yang terlibat dalam kasus ini, dr. Salvador Plasencia, mengaku tidak bersalah, begitu juga dengan terdakwa lain bernama Jasveen Sangha, yang disebut otoritas sebagai pemasok ilegal obat tersebut dan dikenal sebagai "ratu ketamin." Keduanya dijadwalkan akan diadili pada bulan Maret.

Asisten pribadi Perry yang tinggal bersamanya, Kenneth Iwamasa, yang mengakui telah menyuntikkan obat tersebut kepada Perry, serta pihak yang diduga sebagai perantara yang mengatakan telah memperoleh ketamin dari Sangha, telah mengaku bersalah atas tuduhan yang mereka hadapi.

Otoritas menyebutkan bahwa Plasencia membeli ketamin dari Chavez, dan dalam pesan teks kepada Chavez yang membahas jumlah yang akan dikenakan kepada Perry untuk obat tersebut, dia menulis: "Saya penasaran berapa banyak idiot ini akan membayar."

Di pengadilan pada 2 Oktober, Chavez, 54 tahun, berdiri di podium dan menjawab "ya, yang terhormat" untuk serangkaian pertanyaan.

Terdakwa mengakui telah memperoleh ketamin dengan resep palsu yang ditulis untuk pasien lain dan bahwa dia mengetahui obat tersebut ditujukan untuk Perry.

Dia juga mengakui telah memberikan ketamin, yang merupakan anestesi jangka pendek, kepada Plasencia, dan bahwa dia memahami obat tersebut hanya boleh diberikan di bawah pengawasan medis.

Menurut dokumen pengadilan, Plasencia memberikan ketamin kepada Perry di rumah aktor tersebut dan menyuplai vial yang disuntikkan oleh asisten. Pengacara Plasencia menyatakan bahwa kliennya memberikan resep dan administrasi ketamin dengan benar kepada Perry.

Matthew Perry meninggal pada usia 54 tahun pada Oktober 2023 akibat "efek akut" dari ketamin dan faktor lainnya yang menyebabkan dia kehilangan kesadaran dan tenggelam di bak mandi air panasnya, menurut laporan otopsi pada Desember 2023.

Aktor tersebut telah secara terbuka mengakui bertahun-tahun menyalahgunakan zat terlarang, termasuk selama masa dia berperan sebagai Chandler Bing dalam sitkom terkenal 1990-an, Friends.

Chavez mengaku bersalah berdasarkan kesepakatan dengan jaksa, yang menawarkan dakwaan lebih ringan sebagai imbalan atas bantuannya dalam kasus terhadap Plasencia dan Sangha.

"Dia telah menerima tanggung jawab. Dia sedang bekerja sama," kata Matt Binninger, pengacara Chavez, di pengadilan.

Chavez sendiri telah menyerahkan lisensi medisnya dan tetap bebas dengan jaminan hingga sidang vonis.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Binsar Hutapea