Banyak Merchandise Palsu, Ada Razia di Konser Penutup BLACKPINK World Tour

Supriyanto | 16 September 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Idol grup BLACKPINK menggelar konser penutup dari rangkaian BLACKPINK World Tour (Born Pink) pada Sabtu (16/9) malam di Gocheok Sky Dome, Seoul. Sama halnya di banyak negara maju, konser besar yang membawa nama BLACKPINK juga direcoki dengan adanya calo tiket.

Tidak hanya itu, di konser penutup BLACKPINK World Tour juga digelar sebuah razia dari tim khusus. Razia untuk mencari penjualan merchandise palsu yang tidak resmi dari manajemen BLACKPINK.

Tim khusus ini mendapat nama Special Trademark Police. Mereka bekerja di bawah naungan kantor hak cipta dan menyisir sekitar venue konser BLACKPINK.

Mereka bekerja untuk memastikan di kawasan konser penutup BLACKPINK  tidak ada usaha dari orang-orang untuk membawa atau melakukan jual-beli merchandise tidak resmi dari manajemen. 

Razia tersebut dilakukan karena sebulan sebelum konser ditemukan ada banyak sekali merchandise tidak resmi BLACKPINK yang dijual online.

Bahkan diselidiki, valuasi penjualan merchandise imitasi tersebut cukup tinggi. Makanya dibentuklah timsus ini untuk memonitor langsung ke lapangan soal barang palsu tersebut, yang mungkin akan dibawa ke lokasi konser. Lightstick resmi BLACKPINK jadi salah satu barang yang dipalsukan dan dijual bebas.

"Melihat budaya Korea yang makin dikenal global, banyak barang-barang palsu yang didistribusikan oleh oknum yang ingin mendapat keuntungan. Kantor hak cipta akan terus berusaha untuk melacak pelanggaran hak cipta terkait budaya Korea," ungkap Park Ju Yeon, perwakilan dari timsus dikutip dari WikiTree.

BLACKPINK World Tour (Born Pink) di Gocheok Sky Dome hari pertama akan digelar malam ini pukul 19.00 waktu Seoul (pukul 17.00WIB). Sementara hari kedua akan digelar besok, 17 September 2023 di lokasi yang sama satu jam lebih awal.

Penulis : Supriyanto
Editor : Supriyanto