Dihujat Karena Perlakukan Coco Lee dengan Buruk, Acara Kontes Nyanyi Ini Berhenti Tayang

Binsar Hutapea | 26 Agustus 2023 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Acara reality show Sing! China akhirnya berhenti tayang setelah terus mendapat keritikan keras dari publik terkait Coco Lee.

Zhejiang Television, yang menyiarkan acara tersebut, mengumumkan penghentian acara itu dalam pernyataan singkat di platform media sosial Tiongkok, Weibo, pada Jumat (25/8) pagi.

"Karena sejumlah masalah yang disampaikan oleh pemirsa dan netizen tentang Sing! China yang sedang diselidiki, siaran acara ini ditangguhkan," demikian pernyataan tersebut.

Karena penghentian itu, nilai saham Star CM Holdings, yang memproduksi Sing! China, turun hingga 14 persen di Hong Kong, menurut Bloomberg News. Penurunan terbaru ini membuat kerugian Star CM pada bulan Agustus mencapai 55 persen, menjadi penurunan terbesarnya sejak debut di pasar saham pada bulan Desember.

Bloomberg melaporkan bahwa Star CM kehilangan sekitar 3,4 miliar dolar AS di pasar saham setelah rekaman keluhan Coco Lee mengenai acara tersebut beredar di publik. Dalam audio berdurasi 9 menit ini, Coco mengeluhkan perlakuan tidak adil di Sing! China.

Musim terbaru Sing! China, yang mulai ditayangkan pada 28 Juli, menampilkan penyanyi berbasis di Taiwan, Wakin Chau, penyanyi Taiwan, Will Pan, penyanyi Tiongkok, Joker Xue, dan penyanyi Kanada, Henry Lau, sebagai pelatih selebriti. 

Coco Lee 

Coco, yang wafat pada usia 48 tahun pada 5 Juli, adalah pelatih selebriti di Sing! China pada tahun 2022, menggantikan penyanyi Tiongkok, Liao Changyong.

Dalam klip tersebut, Coco mengatakan seorang kontestan dengan nilai 77 diberi kesempatan kedua, sementara penyanyi yang dimentori-nya, Zhou Feige, dengan nilai 88,3, tidak mendapatkan hal serupa.

Penyanyi yang sudah meninggal ini juga mengklaim dalam klip yang viral pada Kamis (24/8) lalu bahwa dia diperlakukan secara tidak adil di acara tersebut setelah dia menyatakan pendapatnya.

Penyanyi yang lahir dengan cacat pada kaki kirinya, juga pernah meminta Wang Zepeng, seorang kontestan di timnya yang berhasil mencapai babak final, untuk menemani dia di atas panggung pada hari terakhir rekaman pada Oktober 2022. Tim produksi menyetujui permintaannya.

Namun, Wang malah diarahkan ke sisi lain panggung, membuat Coco bernyanyi tanpa teman. Kabarnya, dia jatuh di tengah-tengah penampilannya.

Coco sendiri menjalani operasi besar pada kakinya pada Februari 2023. Dia berbagi di media sosial pada Maret sebuah video yang menunjukkan dia belajar berjalan lagi setelah operasi.

Marah dengan isi rekaman tersebut, banyak netizen Tiongkok menyerukan memboikot Sing! China atau pembatalan acara tersebut. Dua mantan kontestan juga mengkritik acara tersebut di media sosial, meskipun kemudian mereka menghapus postingan mereka, dan salah satu dari mereka meminta maaf karena membuat tuduhan yang "tidak dapat dibuktikan."

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Binsar Hutapea