40 Tahun Bersahabat, Andy Lau dan Tony Leung Selalu Merasa Flasback

Supriyanto | 1 September 2023 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Persahabatan Andy Lau dan Tony Leung sudah diketahui publik sejak lama. Perasaan senasib, jatuh dan bangun mengejar cita-cita membuat mereka memiliki kedekatan spesial.

Hubungan yang sangat erat di antara keduanya pun sudah terjalin sejak awal mereka berkarier di industri hiburan.

Pertama kali mereka kerja bareng dalam serial drama TVB, The Duke of Mount Deer pada 1984, proyek yang diangkat dari novel dengan judul sama dari Louis Cha. Keduanya pun perlahan dikenal sebagai aktor papan atas dan disatukan kembali dalam Internal Affairs pada 2002.

Bagi mereka, The Duke of Mounth Deer menjadi salah satu momen paling berkesan. Dilansir dari sebuah wawancara, Tony Leung membeberkan pengalamannya dan kesannya  kerja bareng Andy Lau pertama kalinya.

“Ketika kita syuting The DUke of Mount Deer, aku baru masuk ke dunia hiburan dan merasakan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari, dan hampir tidak punya waktu luang untuk jalan-jalan sendirian. Namun, hubungan kami terjalin sejak saat itu, dan hingga hari ini, kami masih berteman baik," kata Tony Leung.

Sambil tersenyum Andy mengangguk setuju, dan menambahkan hingga saat ini setiap bertemu ia selalu merasa flashback.

“Melihat ke belakang, sudah hampir 40 tahun. Saya merasa kami masih seperti saat pertama kali memulai. Kami tidak banyak berubah," timpal Andy Lau.

Setelah Internal Affairs pada 2002, keduanya kembali terlibat proyek bersama dalam film Gold Finger. Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan pada awal tahun 2021, Tony Leung mengungkapkan bahwa dirinya sangat antusias dengan proyek tersebut.

"Aku sangat antusias bisa kembali berkolaborasi dengan Wah Zai (panggilan Andy Lau). Kami membangun hubungan baik setelah berkolaborasi dalam berbagai proyek. Kali ini pun kami pasti akan bekerjasama dengan baik," ungkap Yony Leung dikutip dari Asia One.

Bukan hanya Tony Leung, Andy Lau pun mengatakan hal yang sama dan merasa sangat gembira. Ia pun menyebutkan Tony Leung adalah aktor yang paling cocok dipasangkan dengannya.

"Saya merasa sangat gembira dan bahagia, karena sebelumnya kami pernah bekerja sama, dari televisi hingga film," ucap Andy Lau.

“Saat aku membaca naskahnya, aku langsung bertanya pada sutradara,’Siapakah lawan (main) ku? Bisakah Tony Leung (saja)?’ Sutradara pun menganggukan kepalanya, dan itu lah bagaimana ceritanya hingga film ini terjadi!” tutup Andy Lau.

40 Tahun Bersahabat, Andy Lau dan Tony Leung Selalu Merasa Flasback

Selain Andy Lau dan Tony Leung, Gold Finger juga akan dibintangi oleh Simon Yam, Charlene Choi, Alex Fong, Chin Ka Lok, Philip Keung, dan Catherine Chau.

Film ini digarap oleh Felix Chong selaku sutradara, yang menjadi penulis skenario dalam film Infernal Affairs. Felix yang pernah menjadi pemenang pada kategori Sutradara Terbaik Hong Kong dalam Film Awards 2018, masih merahasiakan plot dan peran masing-masing aktor untuk film Gold Finger.

Penulis : Supriyanto
Editor : Supriyanto