Jackie Chan, Jet Li, dan Stephen Chow Berduka Ditinggal Sosok Penting Ini

Binsar Hutapea | 15 Agustus 2024 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dunia sinema Hong kong berduka atas meninggalnya bintang aksi, koreografer, dan sutradara film Corey Yuen.

Bersama Jackie Chan, Sammo Hung, dan Yuen Biao, Corey merupakan bagian dari Seven Little Fortunes, grup opera Peking terkenal yang terdiri dari anak-anak penghibur yang kemudian menjadi beberapa bintang aksi terbesar Hong Kong di tahun 1980-an.

Corey sebenarnya meninggal karena komplikasi dari Covid-19 pada 2022 saat usianya sekitar 70 tahun, namun berita tersebut disimpan secara pribadi atas permintaan keluarganya.

Kabar kematiannya diungkap oleh Jackie Chan ketika dia memberi penghormatan kepada Corey dan sejumlah orang di industri sinema yang telah meninggal dalam sebuah unggahan di Weibo pada 12 Agustus lalu.

Berita tersebut kemudian dikonfirmasi oleh juru bicara Asosiasi Pekerja Film Hong Kong, Tin Kai Man.

Corey memulai karier aktingnya pada awal 1970-an, dengan peran pendukung dalam film seperti Fist of Fury dan The 14 Amazons, dan kemudian beralih ke koreografi aksi, stunt, dan penyutradaraan.

Dia dikenal sebagai sosok di balik kemunculan bintang-bintang papan atas seperti legenda komedi Stephen Chow. Corey menjadi co-sutradara dalam film All For The Winner tahun 1990. Film tersebut melambungkan Stephen ke puncak daftar bintang box office.

Dia juga memberikan kesempatan besar kepada aktris peraih Oscar Michelle Yeoh.

Michelle tidak memiliki pelatihan seni bela diri formal ketika mendapatkan peran utamanya dalam film aksi Yes, Madam! tahun 1985, yang disutradarai oleh Corey.

Dia belajar di lokasi syuting dari Corey, yang juga merupakan koreografer aksi, dan peran tersebut meluncurkan kariernya sebagai bintang aksi.

Corey juga sangat berpengaruh dalam karier bintang seni bela diri Jet Li.

Pada tahun 1992, Corey mendirikan Eastern Film Production bersama Jet, dan memproduksi beberapa film box office sukses seperti Fong Sai-Yuk, The Bodyguard from Beijing, dan The Enforcer.

Film-film tersebut meningkatkan popularitas Jet dan membuka pintu baginya masuk ke Hollywood.

Pada akhir tahun 1990-an, Corey bekerja sebagai koreografer seni bela diri untuk beberapa film Hollywood Jet seperti Lethal Weapon 4 dan Romeo Must Die.

Ketika Jet meraih ketenaran di Hollywood, Corey juga mulai merambah Hollywood. Dia membantu film blockbuster X-Men sebagai sutradara aksi, dan juga menyutradarai The Transporter yang dibintangi Jason Statham dan Shu Qi.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor : Binsar Hutapea