Film "Kau & Aku Cinta Indonesia" Membawa Nafas "ACI", Serial Populer TVRI Era 80-an

Ari Kurniawan | 15 Januari 2014 | 10:54 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SEBELUM banjir sinetron seperti sekarang, penonton TV di era '80-an mengenal serial yang ditayangkan di TVRI, Aku Cinta Indonesia (ACI).

Judul tersebut juga dapat berarti singkatan dari tiga tokoh utamanya, Amir (Agyl Syahrial), Cici (Dyah Budi Utomo), dan Ito (Ario Sugantoro).

Dua dekade berselang, nafas ACI sebagai tontonan mendidik kembali dimunculkan dalam film layar lebar yang diberi judul Kau & Aku Cinta Indonesia.

"Film ini terinspirasi dari kisah ACI, tapi bukan kelanjutan dari ACI yang dulu," ujar Dirmawan Hatta, sutradara film Kau & Aku Cinta Indonesia, di Planet Hollywood, Jakarta Selatan, Senin (13/1).

Mengambil latar belakang kaki Gunung Merbabu, film hasil kerjasama Qasthalani Citra Film dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu bercerita tentang pertemanan antara Andi, Cahaya, Ian, Bagas, Ichsan, Tiwi, dan Nanda.

Serangkaian konflik berlangsung di antara mereka dan akhirnya berujung pada nilai-nalai tanggung jawab, disiplin, kerjasama, toleransi, sikap bersaing sehat, dan sikap sportif.

Aktor senior Pong Harjatmo yang ikut bermain dalam film ini mengaku sangat bangga dengan idealisme yang diusung sang sutradara.

"Bagi saya pribadi, film sejenis ini harus diperbanyak karena dalam film ini menggambarkan anak didik jangan hanya belajar teks book saja. Tapi juga rasa nasionalisme yang tinggi," kata Pong.

(ari/ade)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan