Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk, Cukup Oleskan Krim Ini

Yuriantin | 4 Oktober 2019 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gigitan nyamuk kerap meninggalkan bercak berwarna merah pada kulit. Namun, tidak semua orang mengalaminya. Penyebabnya, karena tidak semua orang alergi dengan air ludah nyamuk. 

Jika Anda masuk dalam kategori yang alergi, tidak perlu khawatir karena reaksi alergi tersebut bisa diatasi dengan obat oles yang tepat. 

Menurut dokter kulit Rajani Katta, solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan krim hydrocortisone 1 persen dua kali dalam sehari. Meski terdengar asing, krim ini bisa diperoleh di apotek dan sebaiknya Anda meminta saran dari dokter atau petugas apotek sebelum menggunakannya. 

"Krim ini ampuh meredakan inflamasi dan mengurangi bengkak, rasa gatal hingga kemerahan akibat gigitan nyamuk," jelasnya seperti diungkap laman Good Housekeeping. 

Rajani mengingatkan untuk tidak menggunakan krim ini pada kulit wajah. "Kandungan steroid dalam krim ini bisa menyebabkan kulit menipis sehingga kulit rentan terhadap memar atau luka lainnya," sambungnya. 

Sembari menunggu krim ini bekerja, Rajani mengingatkan untuk tidak menggaruk bercak merah tersebut. Karena kulit akan rentan mengalami infeksi dan berakibat pada hiperpigmentasi dalam jangka panjang. 

Cukup tekan perlahan bekas gigitan nyamuk untuk mengalihkan rasa gatal yang timbul. 

 

(yuri)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait