Mungkinkah Payudara yang Mengendur Setelah Melahirkan Bisa Kembali Kencang?

aura.co.id | 17 Oktober 2020 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SELEPAS melahirkan dan menyusui tak bisa dipungkiri tubuh mengalami perubahan drastis.

Bagian payudara, khususnya bagi ibu yang menyusui buah hati mereka hingga usia 2 tahun misalnya, mengalami pengenduran, terkadang melebar. Bentuk payudara tak seindah dulu.

Sebagai wanita, tersisa rasa rindu untuk tampil seperti sedia kala. Boleh memiliki anak, melayani suami dengan baik, tetapi tak lupa memperhatikan penampilan.

Mungkinkah payudara yang mengendur dapat kencang kembali? Sesungguhnya tak ada yang tak mungkin, bila mau melakukan usaha lebih. Apa saja yang dapat kita lakukan?

Seberapa besar perubahan bentuk payudara baik pascamelahirkan maupun menyusui dan seberapa efektif pemulihannya juga dipengaruhi faktor genetik.

Setiap orang memiliki dampak yang berbeda. Ada yang tanpa usaha keras untuk kembali memperindah payudaranya, seiring berjalannya waktu, bentuk payudaranya kembali dengan sendirinya seperti semula.

Namun tak ada salahnya mencoba. Apa yang harus dilakukan menuntut motivasi yang tinggi. Terutama kegigihan melawan rasa malas, di tengah aktivitas merawat anak yang sudah cukup padat ditambah pekerjaan sehari-hari. Anda siap? 

Menghindari kebiasaan yang dapat merusak payudara

Para ibu yang menyusui umumnya telanjur merasa nyaman ketika di malam hari menyusui buah hatinya tanpa menggunakan bra. Tak sadar hal ini kemudian menjadi sebuah kebiasaan, melepas bra di malam hari. Kebiasaan ini kurang baik bagi bentuk payudara Anda. Tetap gunakan bra yang baik dan benar saat Anda tidur di malam hari. Dan bagi ibu yang masih menyusui pun, sebaiknya tetap gunakan bra saat menyusui di malam hari.  Tinggalkan kebiasaan tidur dengan posisi telungkup, karena dapat menekan payudara yang akhirnya membuatnya semakin melebar

Memilih bra yang pas, tepat ukuran, dan sesuai bentuk payudara

Gunakan bra dengan ukuran yang pas dan menyangga payudara dengan benar. Pilihlah bra khusus dengan penopang yang menyangga payudara. Kebanyakan ibu merasa nyaman dengan bra tanpa penopang, sayangnya ini akan membuat payudara Anda kendur dan turun. 
Memijat payudara dengan rutin

Lakukan massage atau pijat payudara

Dengan krim pelembap atau minyak zaitun setiap malamnya, memijat payudara membantu kulit sekitarnya elastis dan bentuknya tidak terlalu turun. Lakukan gerakan memijat memutar dan ke atas. Sesekali gunakan masker khusus payudara untuk membantu mengencangkan bentuk payudara, selepas pemijatan. 

Olahraga otot dada

Salah satu olahraga yang dapat membantu mengencangkan otot dada dan tidak terlalu berat adalah renang. Saat kita berenang, secara tak langsung otot-otot yang berhubungan dengan payudara turut bekerja, selain itu juga memperkencang otot lengan. Air dingin di kolam juga berguna melancarkan peredaran darah di sekitar payudara Anda

Selain renang, salah satu cara mengencangkan dada secara efektif adalah latihan push-up secara rutin. Push-up mengencangkan kembali otot bagian dada sekaligus mengencangkan otot trisep. 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait