4 Kerusakan yang Terjadi pada Wajah jika Tidur Tanpa Membersihkan Makeup

aura.co.id | 1 November 2020 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seringkali kita mendengar bahwa tidur dalam keadaan wajah masih memakai riasan akan menimbulkan sejumlah masalah pada kulit wajah seperti pori-pori tersumbat, membuat kuat menjadi kusam, atau bahkan meneyebabkan jerawat.

Namun, tahukah Anda, jika seseorang membiarkan riasan tertinggal dalam waktu yang lama akan berdampak pada kerusakan wajah, apa saja?

1. Merusak Sel Kulit Mati

Seorang dermatologis dari FAAD Knight Dermatology Institute, Dr. J. Matthew Knight mengatakan bahwa riasan yang tidak dibersihkan dapat merusak sel kulit mati.

"Makeup menjebak polutan lingkungan dan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit, yang meyebabkan penuaan dini pada kulit," terang Dr. J. Matthew Knight.

2. Menyebabkan Kulit Wajah Menjadi Belang

Tidak hanya panas matahari yang dapat membuat kulit wajah menjadi tidak rata, lupa membersihkan wajah pun dapat menjadi faktor penyebabnya. Dr. J Matthew mengatakan bahwa kulit akan beregenerasi pada malam hari.

"Saat Anda tidur, wajah akan beristirahat dan memerangi pigmentasi yaitu dengan melepaskan sel-sel kulit yang telah rusak. Namun, ketika wajah tertutup oleh riasan, otomatis kulit tidak dapat melakukan regenerasi," terang Dr. J Matthew

3. Bulu Mata Menjadi Rontok

Jika Anda menggunakan maskara atau eyeliner, maka memberihkan wajah sebelum tidur adalah hal mutlak. Rodriguez dari Chalet Cosmetics mengatakan bahwa maskara dan eyeliner dapat membuat bulu mata menjadi rapuh dan akhirnya pecah. Ia menyarankan untuk menggunakan makeup remover untuk membersihkan maskara dan eyeliner.

4. Eksim Pada Kelopak Mata

Eksim adalah penyakit kulit yang lumayan banyak di derita orang. Dr. Robin Evans dari Southern CT Dermatology mengatakan bahwa makeup mata seperti maskara, eye liner, atau eye shadow dapat menyebabkan iritasi yang pada beberapa kasus dapat menyebabkan eksim.

"Ini bisa mengakibatkan ruam, gatal, dan terkadang ada sensasi seperti terbakar. Jika sudah mengalaminya maka segeralah ke dokter," saran Dr. Robin. 

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait