Pekerjaan Bersih-bersih Rumah yang Wajib Dilakukan Seminggu Sekali

HOME.CO.ID | 4 Oktober 2020 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Membersihkan rumah merupakan pekerjaan yang harus rutin dilakukan. Rutinitas bersih-bersih sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok, dan dibedakan berdasarkan waktu pelaksanaannya. Ada yang harian, mingguan, bulanan, atau mungkin tahunan. Nah, dalam artikel kali ini, akan membahas pekerjaan bersih-bersih rumah yang wajib dilakukan seminggu sekali. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Mencuci pakaian kotor
Mencuci pakaian tentu berada di posisi utama pekerjaan bersih-bersih rumah mingguan. Coba bayangkan jika hal ini tidak dilakukan seminggu sekali. Tentu akan banyak pakaian kotor menumpuk di rumah. Dan jika tidak dilakukan di akhir pekan, Anda juga tidak punya waktu lagi untuk mencuci pakaian. Bahkan bisa jadi, Anda tidak punya pakaian bersih untuk dipakai sehari-hari, atau pergi bekerja  nantinya.

Di sisi lain, ada beberapa barang seperti handuk, yang memang mesti dicuci setelah dipakai seminggu lamanya. Jadi, manfaatkanlah waktu libur besok untuk mencuci pakaian.

Membersihkan dapur
Di hari biasa, Anda memanfaatkan dapur untuk memasak. Anda tidak punya waktu untuk membersihkannya karena memiliki pekerjaan lain yang harus segera dikerjakan. Alhasil, kotoran di dapur pun menumpuk. Maka itu, bersihkanlah dapur beserta seluruh perabotannya seminggu sekali. Ini agar dapur tetap nyaman digunakan dalam seminggu ke depan.

Perabotan bersih-bersih
perabotan bersih-bersih juga pastinya harus bebas dari kotoran. Ini supaya setiap barang yang dibersihkan bisa bersih maksimal. Makanya, bersihkanlah perabotan atau alat kebersihkan yang biasa digunakan untuk pekerjaan bersih-bersih harian, minimal seminggu sekali. Seperti kemoceng, misalnya. Alat untuk membersihkan rumah ini tentu harus dibersihkan karena penuh dengan debu-debu yang bisa merusak furnitur.

Mencuci karpet
Bila sehari-hari karpet hanya dibersihkan menggunakan vacuum cleaner, maka untuk pekerjaan mingguan, cobalah untuk mencuci karpet. Ini akan membuat karpet lebih bersih, dan terasa nyaman saat dipijak. Terlebih, ada banyak kotoran yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan vacuum cleaner, mengingat karpet sering dilewati hingga terkena noda makanan. Jika pekerjaan mencuci karpet dirasa berat, serahkan urusan tersebut ke penyedia jasa cuci karpet yang kini sudah semakin mudah ditemui.

Membersihkan bathtub dan shower
Tempat basah adalah tempat favorit jamur berkembang biak. Di tempat basah pula, jamur bisa tumbuh dengan mudah dan cepat. Pastikan membersihkan dan menggosok bathtub dan shower paling tidak seminggu sekali. Ini juga penting sebab bukan berarti benda yang terkena air bersih setiap hari, akan benar-benar bebas dari kotoran dan bakteri.

Membersihkan dan mengganti gorden
Gorden bukan hanya sekadar penutup jendela, melainkan juga bisa membantu anda untuk mendapatkan suasana tertentu dengan motif, bentuk, serta warna yang dimilikinya. Di sisi lain, gorden juga bisa jadi tempat singgah nyamuk dan debu di dalam rumah. Mengganti gorden di hari libur bisa membuat suasana rumah lebih segar dan bersih ke depannya.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait