Benarkah Ciri Kulit yang Bersih Setelah Cuci Muka Itu Kesat?

Agestia Jatilarasati | 20 November 2018 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Double cleansing alias membersihkan wajah dengan dua langkah tengah digemari wanita. Teknik ini diklaim dapat membersihkan wajah lebih maksimal.

Produk yang dipakai untuk melakukan double cleansing yakni pembersih berbahan dasar minyak seperti milk cleanser, cleansing oil atau micellar water, dan pembersih berbahan dasar air seperti cleansing gel maupun cleansing foam. Tahap pertama dalam metode double cleansing, Menurut dermatolog dari ID Beauty Clinic Jakarta, dr. Maria Charlotte, B Med Sci,, pembersih berbahan dasar minyak.

“Minyak bekerja seperti magnet. Efektif mengangkat material berbahan dasar minyak seperti sebum, riasan, tabir surya, debu, dan partikel asap atau polusi. Aplikasikan cleansing oil atau micellar water untuk membersihkan wajah yang penuh riasan atau debu,” Artis cantik Chacha Frederica menyarankan.

Tahap kedua, aplikasikan pembersih berbahan dasar air yang berfungsi mengangkat kotoran yang disebabkan keringat. Maria menyimpulkan, cara kerja pembersih berbahan dasar minyak dan air berbeda. Kalau hanya memakai salah satu pembersih, hasilnya tidak akan maksimal. Maria mengingatkan, sangat penting memilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Wanita berkulit kering disarankan menggunakan produk pembersih seperti milk cleanser lalu cream cleanser. Untuk pemilik kulit berminyak, disarankan memakai cleansing oil lalu cleansing gel. “Untuk micellar water, menurut saya cocok untuk semua jenis kulit,” sambung Maria.

Maria juga membeberkan salah kaprah yang sering terjadi terkait membersihkan wajah. Banyak yang menganggap ciri kulit yang bersih setelah cuci muka itu kesat. Padahal tidak selalu demikian.

“Yang penting, kandungan pembersih yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Anda yang berkulit kering jangan gunakan produk pembersih yang ada kandungan alkoholnya. Yang kulitnya berminyak, pilih pembersih dengan kandungan asam salisilat. Hasil akhir pembersihan sebenarnya tidak selalu identik dengan kulit kesat. Intinya kalau kulit semakin bagus dan kenyal, berarti produk itu cocok untuk kulit Anda,” pungkas Maria. 

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait