4 Langkah Mudah Merawat Kulit Wajah Agar Tetap Kinclong

Romauli Gultom | 3 Desember 2018 | 09:58 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merawat kulit merupakan proses yang tidak pernah selesai karena kulit membutuhkan perawatan rutin seiring dengan bertambahnya usia dan masalah yang dialami setiap individu.

Namun orang kerap meremehkan perawatan kulit, padahal kulit merupakan organ yang mencerminkan kualitas kesehatan seseorang dan merupakan organ tubuh yang sangat kompleks sehingga membutuhkan perhatian dan perawatan yang sesuai dengan iklim sekitar, usia, jenis kelamin, ras, genetik dan lokasinya pada tubuh.

Karena sifat kulit setiap individu berbeda, masalah kulit yang timbulpun berbeda. Usia juga sangat menentukan perbedaan karakteristik kulit dan masalahnya, seperti pada usia 20-an masalah yang umum dialami antara lain seperti kulit wajah berminyak, tampak kusam, mudah berjerawat, memiliki bekas jerawat, dan lain sebagainya.

Sementara, di usia 30-an, di samping masalah jerawat yang kadang masih terjadi, usia ini juga sudah berpotensi memiliki tanda-tanda penuaan dini kulit.

Pada usia 40-an, mulai munculnya masalah kulit seperti bercak hitam atau flek, garis halus, kerut dan kendur karena penuaan kulit, ada kemungkinan terjadinya tumor kulit ataupun masalah kulit lainnya.

Oleh karena itu, setiap orang membutuhkan perawatan yang tepat untuk kulitnya. Termasuk berkonsultasi dengan dermatolog untuk mengetahui secara mendalam jenis dan kondisi kulitnya, seperti yang diterapkan ERHA.

“Semua orang berhak memiliki kulit yang sehat dan pengetahuan yang tepat mengenai cara merawat kulit. Karena hanya dengan melakukan perawatan dan memiliki pengetahuan yang tepat, seseorang bisa mencapai kualitas kulit terbaiknya,” jelas dr. Norita Sembada, Head of Business Development ERHA.

Ia menambahkan, menerapkan perawatan harian tidaklah cukup jika individu tersebut hanya rajin mencuci wajah dan menggunakan pelembap tetapi membiarkan kulitnya terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya.

Berikut 4 langkah mudah perawatan harian pagi hingga sore yang perlu diterapkan untuk semua jenis kulit :

1.      Membersihkan wajah dengan tujuan menghilangkan minyak, kotoran, polusi yang mana bila tidak dibersihkan akan dapat menyebabkan kulit kusam, tidak bercahaya, berminyak, pori-pori tersumbat, meradang serta dapat tumbuh jerawat dan komedo.

2.      Pemakaian toner dengan tujuan melembabkan dan menyegarkan kulit, mengecilkan pori serta menjaga keseimbangan pH kulit.

3.      Melembabkan kulit dengan memberikan nutrisi untuk perbaikan kulit.

4.      Melindungi kulit dengan mengaplikasikan SPF untuk mencegah penuaan ekstrinsik yang disebabkan oleh sinar matahari. 

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait