Samarkan Keriput di Wajah dengan Menggunakan Minyak Jarak, Begini Caranya

TEMPO | 4 Desember 2018 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Minyak jarak atau yang dalam bidang farmasi dikenal dengan nama minyak kastor, adalah minyak yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak. Minyak ini banyak memiliki manfaat, termasuk untuk kecantikan. Salah satu efek yang cukup mujarab, yakni membantu menyamarkan kerutan di wajah. 

Kandungan sifat antibakteri yang terdapat dalam minyak jarak dapat diterapkan pada sejumlah kondisi kulit selain anti-penuan. Selain itu, minyak jarak juga menjaga elastisitas kulit dan menstimulasi produksi kolagen di kulit. Ini juga mencegah degenerasi kulit dan melindungi kulit dari agen pengoksidasi yang berbahaya. Anda dapat dengan mudah menyingkirkan kulit kusam, lelah, dan kendur dengan penggunaan minyak jarak.

Lantas bagaimana minyak jarak digunakan untuk membantu menyamarkan keriput? Empat cara ini bisa menjadi pilihan. 

Minyak jarak dan minyak kelapa

Bahan: 1 sendok teh minyak jarak, 1 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok teh minyak zaitun.

Cara membuat: Dalam mangkuk kecil, tambahkan minyak jarak dan minyak kelapa. Campurkan kedua minyak bersama-sama. Perhatikan bahwa karena minyak jarak cukup lengket, campuran terakhir juga akan menjadi lengket. Selanjutnya, tambahkan beberapa minyak zaitun ke dalam campuran dan campurkan semua minyak bersama-sama untuk membentuk ramuan.

Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda dan pijat perlahan dengan gerakan memutar selama sekitar 5-10 menit. Biarkan selama 15 menit sebelum Anda membasuhnya dengan air dingin. Ulangi ini setiap hari selama sekitar satu bulan untuk hasil yang diinginkan.

Minyak jarak dan lidah buaya

Bahan: 1 sendok teh minyak jarak, 1 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok teh minyak almond.

Cara membuat: Campur  minyak jarak dan minyak almond dalam jumlah yang sama dalam mangkuk. Tambahkan gel lidah buaya yang baru diekstraksi ke ramuan minyak dan kocok lagi semua bahan bersama sampai membentuk pasta krim. Ambil pasta dengan jumlah banyak di tangan Anda dan pijat wajah Anda dengan itu selama sekitar 10-15 menit. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum Anda membasuhnya dengan air dingin. Ulangi ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik. 

Minyak jarak dan blueberry

Bahan: 1 sendok teh minyak jarak, 1 sendok makan pasta blueberry 

Cara membuat: Dalam mangkuk, tambahkan sedikit pasta blueberry dan campurkan dengan minyak jarak. Campurkan bahan-bahan dengan baik sampai Anda mendapatkan pasta krim. Oleskan pasta ini pada wajah Anda dan pijat dengan ujung jari Anda saat melakukannya. Biarkan pasta di wajah Anda selama sekitar 15-20 menit. Cuci dengan air dingin dan tepuk-tepuk wajah Anda kering dengan handuk bersih. Ulangi paket ini tiga kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

Minyak jarak dan lemon

Bahan: 1 sendok teh minyak jarak, 1/2 sendok teh lemon, 1/2 sendok teh bubuk kunyit.

Cara membuat: Dalam mangkuk, tambahkan minyak jarak. Peras jus dari setengah buah lemon dan tambahkan ke dalam mangkuk. Campur kedua bahan dengan baik. Kemudian, tambahkan beberapa bubuk kunyit ke dalam bahan, dan campurkan bersama-sama. Oleskan campuran ini pada wajah Anda, pijat menggunakan ujung jari, dan biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah 20 menit, bilas dengan air dingin. Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan. 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait