11 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Anda Awet Muda

aura.co.id | 26 Agustus 2020 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang bisa menjaga kulit agar tetap awet muda. Sayangnya, produksi kolagen menurun drastis ketika Anda berusia 20 tahun.

Agar kulit tidak mengalami penuaan dini, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan seperti dilansir laman Boldsky:

1. Pijat

Dua kali sehari, pada pagi dan malam hari, pijatlah wajah dengan jari tangan secara rutin. Kebiasaan ini bisa memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen.

2. Melembapkan kulit

Kulit akan mudah mengalami dehidrasi setelah produksi kolagen menurun. Atasi dengan menggunakan pelembap yang berbahan dasar air dan pijatlah wajah setelah Anda menggunakan pelembap tersebut.

3. Kopi

Campurkan kopi dengan gel lidah buaya dan usapkan pada kulit. Ramuan ini dipercaya bisa mengencangkan kulit.

4. Vitamin C

Semua yang mengandung vitamin C berkhasiat meningkatkan produksi kolagen. Anda tidak hanya bisa mengusapkan jeruk atau buah lain yang mengandung vitamin C pada kulit, namun Anda juga mengonsumsi buah tersebut untuk meningkatkan produksi kolagen.

5. Tidak merokok

Merokok tidak hanya meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kronis, namun juga mengurangi produksi kolagen. Jika Anda ingin menjaga produksi kolagen dalam tubuh, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok.

6. Antioksidan

Gunakan produk perawatn kulit yang kaya antioksidan, seperti teh hijau. Karena kandingan antioksidan yang tinggi bisa meningkatkan produksi kolagen. Bahkan, mengoleskan teh hijau langsung di kulit juga bisa memberikan dampak positif tersebut.

7. Toner

Selain menormalkan level PH setelah Anda mencuci muka, toner juga bisa meningkatkan produksi kolagen. Karenanya, jangan meremehkan fungsi toner, ya.

8. Exfoliate

Exfoliate mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Proses ini sangat penting untuk meningkatkan produksi kolagen.

9. Retinol

Carilah produk perawatan kulit yang mengandung retinol karena vitamin ini bisa memicu peningkatan produksi kolagen.

10. Kunyit

Tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan kulit, yaitu meningkatkan produksi kolagen. Anda bisa membuat masker atau scrub alami dari kunyit.

11. Sunscreen

Salah satu penyebab produksi kolagen menurun adalah sinar matahari. Untuk itu, kurangi paparan sinar matahari dengan penggunaan sunscreen yang mengandung SPF.

 

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait