6 Jenis Nutrisi yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Melakukan Diet

TEMPO | 7 Desember 2018 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat melakukan diet, asupan nutrisi seringkali dikorbankan. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang melakukan diet untuk tujuan yang tak semata - mata sehat, melainkan juga agar tubuh lebih ramping. 

Kekurangan nutrisi mungkin tidak disadari secara langsung. Akan tetapi, jika dibiarkan terus - menerus atau dalam jangka waktu panjang, kekurangan nutrisi bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Kesehatan tulang, otak, dan bahkan menurunkan tingkat energi. 

Maka saat melakukan diet, menjadi penting bagi Anda untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi. Karena asupan nutrisi yang tepat bahkan bisa membantu keinginan makan, mengatur metabolisme, dan membantu menjaga sistem pencernaan dalam bentuk yang tepat. 

Berikut daftar nutrisi yang bisa hilang dari rencana penurunan berat badan, seperti dikutip laman Boldsky.

1. Vitamin yang larut dalam lemak dan asam lemak

Barangkali Anda pernah mendengar kalimat “Anda perlu lemak untuk menghilangkan lemak”. Namun, mungkin terlintas di benak adalah bahwa semakin banyak lemak tubuh, semakin gemuk atau kelebihan berat badan.

Tapi, yang dimaksud adalah vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K, dan asam lemak seperti asam lemak omega-3, bekerja bersama-sama untuk meningkatkan penurunan berat badan dan menjaga pembuluh darah yang sehat.

Karena lemak ini adalah asam lemak tak jenuh tunggal, maka bermanfaat menurunkan kolesterol jahat,  dan meningkatkan kolesterol baik. Masukkan minyak zaitun, kacang, salmon, makerel, dan alpukat ke menu diet agar tak kehilangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi, bertindak sebagai antioksidan dan membantu memfungsikan sel. Vitamin C membantu menurunkan berat badan  dengan memetabolisme lemak dan kekurangan vitamin ini bisa membuat lebih sulit menurunkan berat badan dan mencapai BMI (indeks massa tubuh) yang sehat. Tambahkan lebih banyak makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, paprika, arbei, stroberi, dan kranberi.

3. Vitamin B6

Vitamin B6 sangat baik, membantu mengubah makanan menjadi energi dan membuat Anda merasa dalam keadaan sehat. Nutrisi ini membantu dalam produksi serotonin, neurotransmitter yang baik yang mengatur suasana hati. Jika kadar serotonin rendah maka efeknya mengarah ke keinginan makan yang tidak sehat dan merasa tertekan. Jadi, untuk menjaga tingkat serotonin  stabil, perlu ada lentil, oat, dan kacang pada menu diet.

4. Kalsium

Menurut penelitian, mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang disarankan per hari dapat membantu  menurunkan berat badan atau mempertahankan rencana penurunan berat badan. Para peneliti percaya bahwa mineral ini membantu sel-sel memenuhi potensi maksimal, yang berarti metabolisme berlangsung dengan baik. Artinya, tubuh dapat mencerna makanan dan menyerap nutrisi lebih baik, otot-otot dapat bekerja lebih keras saat berolahraga. Untuk itu, sertakan, tahu, panir, kale, dan keju dalam pola makan.

5. Magnesium

Magnesium adalah mineral lain yang mungkin terlewatkan dari rencana diet. Nutrisi ini membantu menurunkan berat badan dengan dua cara, salah satunya mencegah kembung dan menjaga pencernaan, juga memungkinkan Anda untuk membangun otot. Otot membantu membakar lemak, bahkan ketika tidak berolahraga. Semakin banyak magnesium di tubuh semakin baik. Sertakan makanan kaya magnesium dalam diet, seperti sayuran hijau gelap, biji-bijian, kacang, ikan, tahu, dan yoghurt.

6. Seng

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makanan yang kaya seng mengandung protein tinggi. Seng membantu meningkatkan rasa kenyang dan pengeluaran energi yang bermanfaat ketika  mencoba menurunkan berat badan. Studi lain melaporkan bahwa orang gemuk yang mengonsumsi seng tkan indeks massa tubuhnya membaik, menunjukkan peningkatan kadar trigliserida dan penurunan berat badan. Sertakan makanan kaya seng seperti makanan laut, kacang polong, dan kacang.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait