Ini 5 Strategi Untuk Menjaga Kesehatan Pekerja, Termasuk Anda

Wayan Diananto | 21 Desember 2018 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada celetukan di jagat maya yang menyebut, jagalah kesehatan selama bekerja. Alasannya, saat Anda sakit dan tak kunjung sembuh, keluarga bersedih. Sementara kantor bisa jadi dengan mudah mencari pengganti Anda. Terlepas dari benar atau salah celetukan itu, Anda patut menjaga diri. Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan mengamanatkan upaya kesehatan kerja dan kesehatan olahraga untuk masyarakat Indonesia.

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga memiliki sejumlah strategi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama bagi para pekerja. Ada 5 strategi yang perlu Anda ketahui. Hal itu terungkap dalam gelar wicara "Strategi Kemenkes Tingkatkan Kesehatan Pekerja Indonesia" bersama Kementerian Kesehatan RI di Jakarta, pekan ini.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, drg. Kartini Rustandi, M.Kes, menjelaskan, "Strategi yang dilakukan ada lima. Pertama, kemitraan dan pemberdayaan kesehatan pada kelompok pekerja berbasis masyarakat pekerja. Kedua, advokasi dan sosialisasi kesehatan kerja serta olahraga. Ketiga, penguatan layanan kesehatan bagi pekerja. Keempat, penguatan kebijakan dan manajemen kesehatan kerja dan olahraga."

Terakhir, penguatan sistem informasi kesehatan kerja dan olahraga. Kartini mengingatkan bagaimanapun pekerja adalah tulang punggung keluarga. "Sebagian laki-laki. Tak sedikit pula yang ternyata perempuan. Mereka penggerak ekonomi bangsa, pencetak generasi penerus, dan investasi bagi perusahaan. Kami melakukan upaya-upaya untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan," ujarnya kepada tabloidbintang.com, Kamis (20/12).

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait