Pengidap Diabetes di Bawah 40 Tahun Lebih Rentan Kena Gangguan Kesehatan Mental

Rizki Adis Abeba | 16 Januari 2019 | 18:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak hanya menyebabkan serentetan gangguan fisik, penyakit diabetes ternyata juga dapat menjadi penyebab munculnya gangguan mental, terutama pada penderita yang usianya di bawah 40 tahun. 

Penelitian terbaru yang dilakukan di Hong Kong mengungkapkan, 37 persen kasus rawat inap penderita diabetes berusia di bawah 40 tahun disebabkan oleh gangguan mental seperti gangguan suasana hati, depresi, bipolar, halusinasi, dan skizofrenia. 

Mengapa penderita diabetes berusia di bawah 40 tahun lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mental? Dr. Juliana Chan, direktur Institut Diabetes dan Obesitas Hong Kong, Universitas Cina di Hong Kong, yang menggagas penelitian ini menyebutkan, beban psikologis pengidap dalam menghadapi diabetes yang notabene bukan penyakit yang mudah disembuhkan menjadi pencetus pengidap usia muda mengalami stres.

"Terkena penyakit di usia muda, proses pengobatan yang panjang dan lama, buruknya kontrol kesehatan, dan perawatan mandiri yang tidak optimal menjadi faktor yang berkontribusi tingginya risiko rawat inap yang dialami pengidap diabetes usia muda," jelas Juliana Chan.

Menurut Juliana Chan, beban psikologis yang muncul akibat berurusan dengan penyakit diabetes memicu aktivasi hormon stres, sehingga memperburuk kontrol kadar gula darah yang berakibat pada obesitas dan inflamasi saraf. 

"Inflamasi sendiri dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan memperburuk kesehatan mental seseorang," kata Juliana Chan. 

(riz)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait