Jika Si Kecil Batuk Disertai 7 Gejala Ini, Segera Bawa Ke Dokter

Wayan Diananto | 26 Februari 2019 | 00:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memasuki musim pancaroba, batuk mewabah. Biasanya batuk datang bersama demam, pilek, dan sakit kepala. Anda para ibu diminta mewaspadai batuk. Hal itu terungkap dalam diskusi bertajuk "Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Deka"” persembahan Bisolvon di Jakarta, belum lama ini. Hadir sebagai salah satu narasumber, Sanofi Medical Expert, dr. Riana Nirmala Wijaya. Riana menjelaskan, batuk bisa dikalahkan dengan obat batuk sediaan.

Namun ada kalanya batuk harus dibawa ke rumah sakit dan diperiksa lebih detail. "Jika batuk disertai demam tinggi di atas 38 derajat Celsius, sesak napas, nyeri di dada, atau dahaknya kemerahan karena bercampur darah. Selain itu jika anak batuk disertai hilangnya nafsu makan, menangis terus, dan susah menelan makanan, Anda harus ke dokter. Itu tanda-tanda penyakit komplikasi. Bukan sekadar batuk,” ujar Riana kepada tabloidbintang.com.

Masalahnya, para ibu sering menyepelekan batuk dan menunda membawa anak ke rumah sakit. Jika gejala yang menyertainya sudah jelas, sebaiknya jangan menunda. Menunda sama saja menyulitkan si kecil untuk segera pulih. Berdasarkan pengalaman Riana, banyak anak dibawa ke rumah sakit setelah batuknya berlarut-larut dan mengalami sesak napas. Akhirnya, mereka harus menjalani rawat inap di ruang IGD berhari-hari.

Namun jika batuknya berdahak dan tidak disertai gejala di atas, Anda bisa memberikan pertolongan dengan obat batuk sediaan. "Kalau batuknya biasa, tidak disertai gejala lain dan Anda tahu persis itu batuk berdahak, Anda bisa merekomendasikan obat batuk yang terpercaya. Yakni obat batuk yang mengandung bromhexine untuk mengencerkan, melepaskan, dan mengeluarkan dahak," terang Brand Manager Consumer Healthcare Sanofi Indonesia, Mega Valentia.

Lebih lanjut, Riana membagikan tips agar tetap sehat dan bugar pada musim pancaroba.

1. Olahraga teratur. Idealnya 30 menit per hari, yang penting dilakukan secara konsisten. Biar enggak bosan, ajak pasangan atau si kakak olahraga bersama.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin untuk menunjang daya tahan tubuh.

3. Perbanyak minum air putih untuk menjaga stamina tubuh.

4. Persiapkan diri menangkal cuaca yang sulit ditebak. Gunakan baju hangat.

5. Gunakan masker agar tidak tertular batuk orang lain maupun menularkan batuk ke orang lain.

6. Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait